|
Menu Close Menu

KPLH dan Pemerintah Desa Sapa Timur, bahas Pemukiman bebas Sampah

Jumat, 09 Agustus 2019 | Agustus 09, 2019
(KPLH, Pemerintah Desa, BPD dan Tokoh Masyarakat Rapat Bahas masalah Penanggulangan Sampah)

MINSEL-Istilah sampah pasti sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Jika mendengar istilah sampah, pasti yang terlintas dalam benak kita adalah setumpuk limbah yang menimbulkan aroma busuk yang sangat menyengat. Sampah diartikan sebagai material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses yang cenderung merusak lingkungan di sekitarnya. Dalam proses alam, sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam itu berlangsung.

Sampah dapat membawa dampak yang buruk pada kondisi kesehatan manusia. Bila sampah dibuang secara sembarangan atau ditumpuk tanpa ada pengelolaan yang baik, maka akan menimbulkan berbagai dampak kesehatan yang serius.

Sehingga dengan Masalah sampah inilah yang membuat Komunitas Pencinta Lingkungan Hidup (KPLH) Sapa Timur seriusi akan penangannya.

Bertempat di salah satu kediaman anggota KPLH, Pemerintah Desa Sapa Timur, BPD Sapa Timur dan KPLH gelar rapat bahas Penanggulangan Sampah demi terciptnya Lingkungan Arsi, Bersih, Hijau dan bebas sampah.

(Foto dok// Irham Damopolii)

"Pertemuan Malam ini, Kami KPLH sengaja mengundang Pemerintah Desa, BPD dan Aparat dan Tokoh Masyarakat agar sama-sama duduk menyikapi masalah Penanggulangan Sampah, karna namanya Sampah adalah masalah yang serius yang kemudian menjadi tanggung jawab kita bersama," Ujar Fadly Todano Salah satu anggota KPLH.

Menyikapi Masalah ini, Hukum Tua Sapa Timur Ronny Lengkey angkat bicara, dirinya merespon baik Program Tujuan dari Komunitas ini. yang menurutnya patut di apresiasi Pemerintah dalam menciptakan lingkungan yang bebas Sampah.

"Saya selaku Pemerintah Desa salut dengan pola pikir tujuan dari KPLH, karna progrm mereka singkron dengan Program Pemerintah Pusat dalam menciptakan wilayah bebas sampah. juga secara khusus program Pemerintah Kabupaten dalam membangun Daerah Minsel Bebas dari sampah," ujarnya.

lanjutnya bahwa Pemerintah Desa akan menompang setiap Program KPLH tentang Penanggulangan Sampah.

"Hasil dari pertemuan ini, yang nanti akan kami bahas lewat Pemerintah Desa, BPD dalam penerapan program Pemerintah Desa Kedepan," Tambah Lengkey. (Ir)
Bagikan:

Komentar