|
Menu Close Menu

Pemberhentian Sekretaris DPD II Partai Golkar Kota Ternate Menabrak Aturan

Jumat, 02 Agustus 2019 | Agustus 02, 2019
Muis Djamin (Sekretaris DPD II Partai Golkar Kota Ternate
TERNATE – Pemberhentian Muis Djamin dari Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Kota Ternate dinilai cacat hukum dan menabrak aturan.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kota Ternate, Benyamin Idris, menyatakan pemberhentian Muis Djamin tidak melalui rapat pleno, karena rapat yang dilakukan oleh DPD I Partai Golkar Provinsi Maluku Utara di Kantor DPD II Partai Golkar Ternate perihal kunjungan kerja membahas konsolidasi organisasi dan kententuan rekrutmen calon pimpinan DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“ Tidak ada rapat pleno pemberhentian terhadap jabatan Sekretaris DPD II saudara Muis Djamin,” tutur Benyamin Idris ketika dikonfirmasi media ini, Jumat (2/8/2019).

Hal senada juga dibenarkan Iksan Bahrudin menyebutkan  rotasi kepengurusan mempunyai  mekanisme, untuk itu langkah yang diambil oleh Ketua DPD II Partai Golkar Kota Ternate Abdul Gani Sangadji adalah sepihak dan inkonstitusional, sebab tidak melalui forum pleno. Faktanya, karena hampir semua pengurus tidak dilibatkan dalam forum dan mekanisme yang ditempuh tiba-tiba terdengar kabar di media bahwa saudara Muis Djamin di ganti dari Sekretaris DPD II Partai Golkar Kota Ternate.

“ Pemberhentian sekretaris itu tidak melalui mekanisme pengambilan keputusan organisasi partai golkar, yakni pleno DPD Partai Golkar Kota Ternate, dan tidak memiliki dasar konstitusi partai,” tukas Iksan Bahrudin yang Wakil Ketua DPD II Partai Golkar Kota Ternate saat dikonfirmasi via whatssap, Jumat (2/8/2019).

Iksan menjelaskan dalam rotasi kepengurusan adalah sesuatu yang dinamis dalam sebuah organisasi, tetapi sungguh sayang soal pemberhentian Muis Djamin tidak melalui forumnya dan mekanisme yang lazim di lakukan di partai yang memiliki sandaran konstitusional yang jelas.

“  Jadi pemberhentian ini tidak ada rapat pleno,” ujarnya.

Terpisah, Bendahara DPD II Partai Golkar Kota Ternate Sartini Hanafi menyebutkan tidak mengetahui soal pemberhentian Muis Djamin dari jabatan sekretaris. “ Maaf banyak saya kebetulan posisi diluar daerah, untuk pergantian sekretaris saya juga tidak tahu,” Aku Sartini ketika dikonfirmasi media ini lewat via Whatssap, Jumat (2/7/2019).

Dengan begitu, Sartini menyarankan terkait persoalan tersebut dapat mengkonfirmasi ke pengurus yang lain.

“ Kalau ini bisa di konfirmasi ke teman-teman yang lagi stay di ternate, karena saya juga baru dapat info,” tuturnya.

Karenanya, kata Sartini, pihaknya belum dapat memberikan keterangan mengenai pemberhentian kepada publik. “ Saya masih di jakarta, makanya belum bisa ngasih penjelasan tentang hal tersebut, karena memang tidak tahu maaf banyak ya,” tutupnya. (ric)

Bagikan:

Komentar