|
Menu Close Menu

Sultan Zainal Abidin Syah Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional

Senin, 26 Agustus 2019 | 22.49
Foto: Rapat pengusulan Sultan Zainal Abidin Syah menjadi Pahlawan Nasional

TIDORE-  Pemkot Kota Tidore Kepulauan (Tikep) gelar pertemuan membahas tentang pengusulan  Sultan Zainal Abidin Syah sebagai Pahlawan Nasional.

Pembahasan pengusulan Sultan Zainal Abidin Syah menjadi Pahlawan Nasional dipimpin Sekretaris Daerah Pemkot Tikep Asrul Sani Soleman bertempat di ruang rapat walikota Tikep, Selasa (26/8/2019).

Asrul Sani Soleiman dalam pemaparannya bahwa integritas seorang tokoh tidore Sultan Zainal Abidin Syah ini tidak akan terbantahkan dan sangat luar biasa, karena ada tiga (3) opsi ketika itu yang ditawarkan kepada Sultan Zainal Abidin Syah apakah bergabung dengan Belanda, bergabung dengan NKRI atau Merdeka. Akan tetapi Sultan Zainal Abidin Syah dengan lantang mengatakan bahwa akan kembali ke pangkuan ibu pertiwi atau bergabung dengan NKRI.

“Pemerintah Tidore akan terus melakukan pertemuan membahas tentang pengusulan seorang tokoh Tidore sebagai Pahlawan Nasional serta pada waktu dekat ini juga akan dibentuk Tim Pengkaji dan Peneliti Gelar Daerah (TP2GD) Kota Tidore”. Tutup Asrul Sani

Perwakilan Tim Yayasan The Tebings, M Ridha Ajam mengatakan dilihat dari sisi biografi dan naskah akademik Sultan Abidin Syah memiliki persayaratan tersebut, sehingga tokoh ini pantas untuk dijadikan pahlawan nasional serta juga perlu penguatan dari pemerintahan.

“ Karena ini pengusulan Pahlawan Nasional, maka peran Sultan Zainal Abidin Syah juga harus dikuatkan dari sisi dokumen-dokumen yang harus disiapkan kedepan oleh Pemerintah Kota Tidore Kepulauan,” singkatnya.

Turut hadir dalam pembahasan ini, yakni Jojau Kesultanan Tidore Husain Alting Syah,  Dinas Sosial Provinsi Maluku Utara, OPD Terkait dan Tim Ahli Sejarahwan Universitas Khairun sekaligus sebagai Yayasan The Tebings. (dar)

Bagikan:

Komentar