Akibat Karhutla, Jumlah Penderita Ispa di Minsel Meningkat

Editor: Admin author photo
Foto: illutrasi pengidap ISPA
MINSEL-Daerah Minahasa Selatan beberapa pekan ini mengalami Kebakaran Lahan dan Hutan yang cukup parah, beberapa wilayah di Kabupaten Minahasa Selatan terjadi Kebakaran Lahan dan hutan (Karhutla). seperti di Kecamatan Amurang, Kecamatan Amurang Barat, Kecamatan Amurang Timur, Kecamatan Tenga dan Kecamatan Tumpaan. tercatat kurang lebih 150 Hektar Lahan dan Hutan habis terbakar.

Hal ini kemudian berimbas atas kesehatan Masyarakat. Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Selatan mencatat angka Masyarakat yang mengidap penyakit Ispa (Gangguan Pernafasan) meningkat 10% (Sepuluh Persen).

"Dengan maraknya kasus Karhutla beberapa bulan ini membuat Ispa sedikit meningkat. namun tidak signifikan. peningkatannya ada sekitar 10% dibandingkan dengan tahun Lalu," Ujar dr. Erwin Schouten Kepala Dinas Kesehatan Minsel.

dr. Erwin Schouten (Kadis Kesehatan Kabupaten Minsel
Kadis juga menghimbau kepada masyarakat agar lebih waspada akan bahaya Ispa. "Himbauan kami kepada masyarakat agar lebih waspada kemudian lebih sering mengunakan Masker. apalagi saat ini musim kemarau yang pasti dampak debu dan polusi udara di jalan sangat menganggu," Imbau kadis.

Dinas kesehatan juga saat ini sudah melakukan upaya-upaya akan penanganan Ispa. "Untuk masalah ini, kami dinas kesehatan sudah menyediakan segala sesuatu baik kesedian obat-obatan di tiap-tiap puskesmas yang ada juga Masker, nanti kalau masyarakat butuh pengobatan dan masker langsung saja ke puskesmas," tambahnya.

Menurutnya, wilayah di Kabupaten Minahasa Selatan yang paling banyak masyarakatnya mengidap Ispa ada di Kecamatan Amurang Barat. (Ir)
Share:
Komentar

Berita Terkini