|
Menu Close Menu

Kadis PMD Minsel Tegaskan, Pembuatan Balai Desa Tidak Boleh Gunakan Anggaran Dandes

Minggu, 08 September 2019 | 19.00
Kepala Dinas PMD Minsel Hendrie Lumapow di dampingi Stafnya
MINSEL - Di temui di Kantornya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Hendrie Lumapow menegaskan bahwa untuk Sumber Dana Desa (Dandes) tidak untuk digunakan kepentingan Balai Desa, Jumat (06/09).

Hal ini ia jelaskan sesuai dengan aturan yang ada, bahwa penggunaan dandes ada 2 (Dua) Item yaitu Pemberdayaan dan Fisik. samentara untuk Fisik ia menghimbau dengan Tegas kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) agar tidak mengunakan Dandes untuk Kepentingan Balai Desa.

"Untuk Pembangunan Balai Desa, Balai Pertemuan Umum (BPU) atau apa saja yang berhubungan dengan balai desa, tidak boleh di anggarkan lewat Sumber Dana Desa," Jelasnya.

lanjutnya bahwa jika hal ini terjadi tentu saja akan ia tindak sesuai aturan yang berlaku.

"Kalau untuk Kepentingan desa menyangkut pembangunan Balai Desa, semua sudah di atur di dalam Alokasi Dana Desa (ADD), bukan dengan sumber anggaran Dana Desa (Dandes), jika ini terjadi maka tentu ada sangsinnya. karna tidak mempatuhi asas kepatuhan dan pasatinya akan ada Tuntutan Ganti Rugi (TGR) karrna tidak sesuai aturan yang berlaku, " Tambahnya

Menurutnya bahwa Desa Dana tersebut bisa digunakan untuk mendirikan badan usaha milik desa (BUMDes) yang keuntungannya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan desa.

" BUMDes adalah milik desa, sehingga keuntungannya bisa digunakan untuk membangun kantor desa atau kebutuhan lainnya," ujarnya lagi. (Nandar) 
Bagikan:

Komentar