Lewat Dandes, Desa Sapa Induk bangun Perpustakaan Desa

Editor: Admin author photo

Proses pembangunan Perpustakaan Desa Sapa Induk

MINSEL-Seperti diketahui, Bupati Minahasa Selatan Christiany Eugenia Paruntu memiliki visi meningkatkan minat membaca atau literasi masyarakat Minsel. dan program Bupati Minsel ini sesuai dengan Program Pusat yang sudah dicanangkan lewat Program Presiden R.I tentang pembangunan Perpustakanaan di Desa-desa yang ada.

Sejauh ini, langkah awal yang sudah dilakukan Pemerintah Pusat adalah menggratiskan biaya pengiriman buku setiap tanggal 17. bahkan Presiden rutin meminta saran dan masukan dari para pegiat literasi perihal langkah lain yang bisa dilakukan.

Hal Ini kemudian yang mendorong Pemerintah Desa Sapa Induk untuk melakukan Program membangun Perpustakaan di Desa, Senin (30/09).

Rita Jene jeni Pangkey Hukum Tua (Kepala Desa) Sapa Induk ketika di wawancarai mengatakan, bahwa Pemerintah desa Sapa Induk telah membangun Gedung perpustakaan untuk Masyarakat.

"Lewat Sumber Dana Desa (Dandes), kami pemerintah Desa telah membangun perpustakaan di Desa lewat anggaran Dana Desa Tahun 2019. Bukan hanya buku yang akan kami siapkan, nanti di ruangan tersebut akan kami lengkapi dengan fasilitas Internet. hal ini kami lakukan dengan tujuan mengajak masyarakat agar lebih semangat dalam membaca.

Rita Jene Jeni Pangkey, Kepala Desa Sapa Induk.

Di tanya mengenai programnya dalam membangun Perpustakaan di Desa tersebut, dirinya menjawab bahwa hal ini sesuai arahan waktu dirinya mengikuti Bimtek kemarin.

"Dalam Permendagri No 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa ada diatur bahwa, sebagian Dana Desa boleh dianggarkan untuk pengadaan perpustakaan di Desa. Ini artinya pemerintah pusat mengisyaratkan Perpustakaan Desa itu sangat penting karena bisa mengedukasi masyarakat melalui berbagai kegiatan positif," Jelasnya.

Sementara itu, pembuatan bangunan Perpustakaan Pemerintah Desa Sapa Induk mengangarkan pembangunan tersebut dengan sumber anggaran Dana Desa, lewat pagu anggaran 2019 dengan total anggaran Rp. 219.083.000,00. (Ir)


Share:
Komentar

Berita Terkini