|
Menu Close Menu

Lewat Program Reforma Agraria, BPN Minsel Jadikan Desa Raanan Baru Raya Sebagai Desa Produksi dan Inovasi

Minggu, 08 September 2019 | 18.25
BPN Minsel, IMA Manado bersama Pemdes Raanan Baru Raya dan petani meninjau tanaman cabe program reforma agraria

MINSEL-Reforma Agraria merupakan salah satu Program Prioritas Nasional yang ditingkatkan Presiden dalam upaya membangun Indonesia dari pinggir serta meningkatkan kualitas hidup, baik Kelompok Petani UKM ataupun Nelayan.

Hal inilah sehingga Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Minahasa Selatan melakukan Program Reforma Agraria dengan memfasilitasi Para petani Di Desa Raanan Raya, yaitu desa Raanan Baru, Raanan Baru I, dan Desa Raanan Baru II, Kecamatan Motoling, Minsel. Sabtu (07/09)

Hal ini di sampaikan oleh Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Minsel Deany Keintjem yang menurutnya bahwa pihaknya memberikan Pembinaan serta memfasilitasi warga desa Raanan Baru Raya Lewat Program Pertanian.

Foto/Repro
Untuk program ini kami bekerjasama lewat Stakeholder yang ada, baik dari Pemerintah maupun Investor, Kami bersama Forum Komunikasi Cesar, Indonesia Marketing Association  (IMA) Chapter Manado, ICSSB yang bergerak dalam bisnis Pemasaran Produksi hasil dari Usaha Kecil Menengah (UKM), "Jelasnya.

Untuk Program seperti ini BPN sendiri sudah memulai semenjak tahun 2016 Kemarin.

"Untuk di Desa Raanan ini kebetulan kami baru memulainya, beberapa tahapan kami sudah laksanakan baik penyuluhan kepada masyarakat, pemetaan sosial serta memfasilitasi masyarakat yaitu kelompok tani yang ada di Desa ini," tambahnya.

Sementara itu Ivanry Matu, Presiden IMA Manado mengatakan bahwa sesuai dengan Program dari IMA bagaimana untuk mengwujudkan satu desa, satu perusahaan.

"Dalam hal ini IMA hadir bagaimana memarketingkan suatu desa lewat UKM, mengingat pertama Propinsi Sulawesi Utara adalah daerah Destinasi Pariwisata. jadi harapan kami bagaimana satu desa bisa menarik pariwisata lewat produknya. kedua ini bagian program sinergitas lintas sektor. kami sangat mengapresiasi BPN yang proaktif dalam program seperti ini. untuk desa Raanan sendiri, harapan kami bagaimana para petani di sini bisa mendapatkan peluang tersebut. untuk daerah Sulut ini terkenal dengan inflasi nya di tentukan oleh tanaman cabe. dan Desa Raanan sendiri mempunyai peluang tersebut," Ujarnya.

Sementara itu Rudy Kodongan Hukum Tua Desa Raanan Baru yang mewakili para petani di Desa Raanan Baru Raya sangat bersyukur dengan adanya perhatian Pemerintah lewat bidang pertanian serta para petani yang berada di Desa Raanan Baru Raya sendiri.

"Saya mewakili Pemerintah Desa Raanan baru, desa Raanan baru I, dan Desa Raanan Baru II sangat mengapresiasi kegiatan dari Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Badan Pertanahan Nasional yang serius memperhatikan para petani di Desa Kami. juga memfasilitasi serta meberikan penyuluhan lewat bidang pertanian. tentu kami bersyukur karna mayoritas warga Raanan Raya berprofesi sebagai Petani," Tuturnya. (Nandar)
Bagikan:

Komentar