Sekdaprov Hadiri Pelantikan BMSI Malut

Editor: Admin author photo
Plt Sekdaprov Bambang Hermawan ketika menghadiri pelantikan BMSI Malut
TERNATE- Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Maluku Utara Bambang Hermawan menghadiri acara pelantikan pengurus Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Provinsi Maluku Utara, BMSI Kota Ternate, BMSI Halmahera Barat dan BMSI Halmahera Selatan yang dilaksanakan  di aula Melati Kediaman Gubernur Kalumpang Ternate, Minggu (8/9/2019).

Gubernur KH. Abdul Gani Kasuba dalam sambutannya yang dibacakan Bambang Hermawan menyampaikan BSMI adalah organisasi yang bergerak dibidang kemanusiaan atau yang dikenal dengan perhimpunan masyarakat penolong. Meskipun demikian organisasi ini berdirinya belum begitu lama di Indonesia, tetapi sudah memiliki peran dan gagasan baru dan bahkan aktif di dunia internasional.

"Dengan adanya pelantikan pengurus BSMI Malut dan Kabupaten/Kota ini merupakan awal BSMI menjalankan misi kemanusian di daerah ini. Untuk itu, di kesempatan ini, Saya atas nama pemerintah daerah dan secara pribadi menyampaikan terima kasih  dan apresiasi atas kehadiran BSMI ini,” ungkap Bambang Hermawan.

Menurut Sekprov, tugas kemanusian ini senantiasa akan menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen yang ada. Baik pengurus BSMI, pemerintahan, lembaga pemerintah/ lembaga non pemerintah serta masyarakat secara keseluruhan.

"Dalam kegiatannya nanti, saya harapkan BSMI selalu berusaha untuk bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab, profesional serta senantiasa ikhlas membantu dengan mengharapkan Ridha Allah SWT,” harapnya.

Lanjutnya, dengan dilantiknya pengurus BSMI di Maluku Utara.  Sekprov berharap hal ini dapat dirasakan kehadirannya oleh seluruh elemen masyarakat terutama masyarakat yang membutuhkan.  

" Saya juga meminta kepada segenap pengurus BSMI Maluku Utara dan Kabupaten/Kota untuk membangun silaturahmi dan koordinasi dengan pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan dan Desa, sebelum melaksanakan aksi-aksi sosialnya di masyarakat," ujarnya.

Sambung Bambang masyarakat tentu berharap peran BMSI melalui bakti konkritnya, karena itu bekerjalah sesuai dengan tanggung jawab yang diembannya serta profesional dalam keterampilan dan keahlian yang memenuhi standar gerakan kemanusiaan dalam setiap aksi kemanusiaannya, tutupnya.

Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN)  BSMI, Dr. Muhammad Djazuli Ambari, dalam sambutannya menyampaikan bahwa,  BSMI hadir karena kecintaan terhadap sesama manusia, dengan membawah misi kemanusiaan dan perdamaian.

"BSMI hadir di Indonesia sejak tahun 2002 dengan membawa misi bantuan kemanusiaan dan perdamaian. Alhamdulillah sampai saat ini, sebanyak 24 Provinsi di Indonesia yang telah melakukan kegiatan BSMI," katanya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa, terkait dengan bantuan kemanusiaan saat terjadi musibah (masa tanggap darurat) tentunya ada aturan khusus yang nantinya akan dikeluarkan oleh Pusat Crysis Kesehatan Kemenkes RI.

"Harapan kami, BSMI Malut dapat bersinergi dengan Pemprov Malut dan Kabupaten/Kota. Tunjukan profesionalitas, kapasitas dan kapabilitas untuk kemanusiaan dengan mengharapkan ridha Tuhan yang Maha Esa," ucapnya.

Senada dengan itu, Ketua Dewan Pembina Nasional BSMI, Dr. Basuki Supartono, dalam sambutan singkatnya juga menjelaskan bahwa tujuan utama dari BSMI adalah misi bantuan kemanusiaan.

"Jangan mengharapkan jabatan atau kekayaan di BSMI, dan anda tidak pernah akan dapat itu. Karena organisasi BSMI ini semata-mata memiliki tujuan mulia, yakni hanya mengharapkan ridha dari Allah SWT," jelasnya.

Lanjutnya, di BSMI juga tidak ada perbedaan (pilih kasih). "Jangan sekali-kali anda memberikan bantuan dengan menanyakan apa agama mu, atau suku, ras maupun golongan. Karena itu, perlakukan semua orang sama sebagai makhluk ciptaan Allah yang paling mulia di muka bumi ini," tegasnya.

Dirinya juga mengajak semua lapisan masyarakat (relawan) Malut, untuk dapat berhimpun bersama BSMI dalam melakukan bantuan kemanusiaan saat terjadinya musibah.
Sekadar diketahui, pelantikan pengurus  BSMI Malut dengan Ketua Dr. Dwi Handoko, dan serta mengangkat KH. Abdul Gani Kasuba Lc sebagai Ketua Dewan Penasehat Daerah (DPD) BSMI Malut ini sesuai dengan Surat Keputusan (SK) yang ditetapkan DPN dengan nomor: 019/D/SEK/DPN-BSMI/Kpts-Prov/IX/2019 tentang Pembentukan Susunan Dewan Pengurus Bulan Sabit Merah Indonesia Provinsi Maluku Utara. (ric)

Share:
Komentar

Berita Terkini