|
Menu Close Menu

Sukses Gelar Bursa Inovasi Desa, TPID Berharap Desa Dapat Berinovasi

Rabu, 11 September 2019 | 20.02
Kegiatan Bursa Inovasi Desa

TALIABU -  Tim penyelenggara inovasi desa (TPID) yang meliputi 3 (tiga) kecamatan di kabupaten pulau taliabu diantaranya Kecamatan Lede, Kecamatan Taliabu Barat dan Kecamatan Taliabu Barat Laut kompak menggelar kegiatan bursa inovasi desa (BID) yang dilaksanalan di kantor desa bobong, kecamatan Taliabu barat, Kabupaten Pulau Taliabu, Rabu (11/09/2019).

Kegiatan bursa inovasi desa dengan tema “ Merawat Komitmen Replikasi Menuju Desa Berinovasi ” yang di buka secara resmi Camat Taliabu Barat Dince Muhdin, selaku tuan rumah pelaksanaan kegiatan.

Dince Muhdin kepada wartawan mengatakan apresiasi kegiatan ini karena para kepala desa dapat berinovasi dan mengembangkan desanya sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya, singkatnya.

Imron Ibrahim menuturkan selaku ketua panitia pelaksana bursa inovasi desa bahwa kegiatan ini membuka ruang kepada kepala untuk menggali kreatifitas dan inovasi peran pemerintah desa secara bersama-sama dengan BPD.

Sebab menurutnya, kegiatan tersebut juga menyuguhkan pameran dari hasil inovasi yang dibuat oleh sejumlah desa di seluruh Indonesia, untuk dipelajari peserta lalu kemudian direplikasi dan dibuat komitmen.

Sehingga pada pelaksanaan program bisa di danai dari anggaran pengeluaran belanja desa yang dibahas melalui musyawarah desa masing-masing, tuturnya.

Terpisah, koordinator penyelenggara inovasi desa pulau taliabu, Husaen Daeng Husen menambahkan kegiatan bursa inovasi desa ini merupakan forum pertukaran informasi dan pengetahuan yang bertujuan agar dalam pengunaan dana desa bisa dikelola secara efektif dan efisien.

Selain itu, dalam pelaksanaan bursa inovasi desa ini, akan ditampilkan menu-menu bursa hasil inovasi dari sejumlah desa yang ada di seluruh Indonesia. 

“ Dari Taliabu sendiri ada empat macam menu bursa lokal yang ditampilkan, diantaranya pengembangan destinasi wisata di desa Wayo, pengelolaan tepung sagu di desa Todoli, inovasi PAUD  dan sarana olahraga di dua desa di kecamatan taliabu selatan,” terangnya.

Kegiatan Bursa Inovasi Desa, Husain berharap agar desa-desa yang sudah hadir dengan pilihan menu bursa masing-masing dapat direplikasi untuk menjadi program komitmen dari masing-masing desa yang nantinya dapat didanai dari APBDes, tutupnya. (Ar)

Bagikan:

Komentar