|
Menu Close Menu

Tim Rescuer Berhasil Temukan Satu Korban KMP Santika Nusantara

Jumat, 06 September 2019 | 15.05
Foto : Tim SAR  Surabaya saat mengevakuasi satu jenazah yang ditemukan di dakam bangkai KMP Santika Nusantara

SURABAYA - Tim rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya berhasil menemukan satu jenazah di dalam bangkai KMP Santika Nusantara, pada Kamis (5/9) pukul 11.15 WIB.

Satu jenazah ini ditemukan tim rescuer di bagian Car Deck. SMC (SAR Mission Coordinator) Operasi SAR KMP Santika Nusantara, Prasetya Budiarto mengatakan, penemuan satu jenazah ini berawal saat tim rescuer hendak memeriksa bagian car deck KMP Santika Nusantara untuk mencari tiga korban yang dilaporkan belum ditemukan. Saat ditemukan, lanjut Prasetya, kondisi jenazah tampak tergeletak tertindih puing-puing bekas benda terbakar. Selain itu, kondisi jenazah juga mengalami luka bakar dan mengeluarkan bau tidak sedap.

Proses evakuasi satu jenazah korban dari dalam bagian Car Deck KMP Santika Nusantara ini berlangsung cukup menegangkan. Sebab, tim rescuer Kantor SAR Surabaya harus menghadapi suhu di bangkai kapal yang masih terasa panas, minim udara dan cahaya. Untuk mendukung keberhasilan upaya penyisiran dan evakuasi di tengah kondisi yang ber-bahaya ini, tim rescuer Kantor SAR Surabaya dilengkapi dengan sejumlah peralatan, diantaranya peralatan SCBA (Self Contain Breathing Aparatus), helm safety, baju tahan panas, sepatu safety, dan senter.

Setelah melewati perjuangan selama sekitar 20 menit, akhirnya jenazah tersebut berhasil dibawa keluar. Selanjutnya, jenazah dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk dilakukan proses identifikasi oleh tim DVI Polda Jatim.

“Besok, tim SAR gabungan akan melanjutkan kembali upaya penyisiran di dalam bangkai KMP Santika Nusantara guna mencari dua orang korban yang belum ditemukan. Upaya pemadaman dan pendingan juga akan kembali dilakukan,” tambah Prasetya. (ric)

Bagikan:

Komentar