Unik, Lewat Lagu Dispenda Tikep Ajak Masyarakat bayar Pajak

Editor: nusantaratimur.com author photo


Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tikep A. Rasyid Fabanyo

TIDORE- Semangat membangun daerah tentu tidak bisa dilepas pisahkan dari tanggung jawab masyarakat dalam membayar pajak. pasalnya dari pajak tersebut nantinya akan dikembalikan ke masyarakat dalam bentuk program baik fisik ataupun kegiatan lainnya yang dilakukan oleh Pemerintah.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tikep A. Rasyid Fabanyo kepada sejumlah media saat ditemui di ruang kerjanya Rabu (18/09) siang tadi.

Kaban akui bahwa kesadaran membayar pajak di Tidore, khusunya pajak PBB sudah mulai membaik, tetapi pajak restoran masih sangat minim namun pihaknya terus melakukan inovasi dalam bentuk himbauan sehingga terus mengingatkan masyarakat akan pentingnya membayar pajak.

Dan saat ini kreasi Bapenda tikep untuk mengajak masyarakat membayar pajak dengan menciptakan sebuah lagu berjudul “Simpatik” yang artinya Sinergitas Mitra Pajak Tidore Kepulauan, yang dinyanyikan oleh artis Yopi Latul dan Bams Conoras.

"Dari lagu ini nantinya akan disebarluaskan ke masyarakat baik di supir angkot maupun tukang bentor, sebab dengan lagu tersebut tentu sangat memudahkan bagi masyarakat untuk diputar dimana saja. Selain lagu kami juga membangun kerjasama dalam bentuk MOU, dengan pihak Dandim 1505 Tidore melalui Babinsa dan Pihak Polres Tidore melalui Babinkamtibmas yang berada di Kelurahan dan Desa," Jelas Kaban

Tujuan daripada kerjasama tersebut guna untuk membantu pemerintah dalam mengajak masyarakat membayar pajak.

“Lagu simpatik ini sengaja dibuat agar menjadi bagian dari himbauan kepada masyarakat, karena selama ini ketika kita melakukan sosialisasi tetapi belum terlalu maksimal, dan saat ini warga masyarakat yang sudah tertib membayar pajak baru di pulau tidore, sementara yang berada di daratan oba khusunya di oba utara masih minim, hal itu karena objek yang membayar pajak ini sering tidak berada di tempat, sehingga kami juga butuh inovasi untuk meningkatkan giat masyarakat dalam membayar pajak,” Tambahnya.

Lebih lanjut, Kaban mengaku bahwa model penarikan pajak yang dilakukan pihaknya saat ini masih dalam dua bentuk kegiatan yakni Self Asesmen dan Office Asesmen, sementara untuk kedepannya Bapenda Tikep akan menyiapkan model pembayaran pajak melalui online. sehingga dengan demikian menurut Bapenda, nantinya masyarakat sudah tidak perlu mendatangi Bapenda untuk dilakukan penyetoran.

“Kami akan siapkan aplikasi sehingga kedepan pembayaran pajak sudah bisa melalui online, daan saat ini kami sedang mencari format yang terbaik,” Tutupnya. (Aidar)
Share:
Komentar

Berita Terkini