|
Menu Close Menu

Upaya Cegah Penyalahgunaan Dana Kelurahan, Pemkot Tikep Keluarkan Perwali

Senin, 02 September 2019 | 17.09

Foto: Kabag Pemerintahan Setda Kota Tikep Zulkifli Ohorella
TIDORE – Upaya meminimalisir penyimpangan dan penyalahgunaan anggaran terkait dengan Dana Kelurahan, Pemkot Kota Tidore Kepulauan (Tikep) melalui Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah  telah merampungkan penyusunan (perwali) peraturan walikota.

Adanya Perwali Nomor 24 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan Sarana Dan Prasarana Kelurahan, dan Pemberdayaan Masyarakat Di Kelurahan Dalam Wilayah Kota Tidore Kepulauan.

Diharapkan pemerintah kelurahan dapat memanfaatkan dana kelurahan sebagaimana yang termuat dalam perwali. Hal itu dikemukan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Tidore Kepulauan Zulkifli Ohorella bahwa saat ini bagian pemerintah bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait diantaranya Inspektorat, Bagian Keuangan dan Bagian Ekonomi akan melakukan sosialisasi di tingkat kelurahan yang dipusat di kantor kecamatan.

Kemarin kami sudah lakukan sosialisasi di kecamatan Tidore, saat ini dilakukan di Kecamatan Tidore Selatan, jadi sosialisasi ini dibagi per kecamatan, untuk kelurahan yang berada di wilayah oba akan bergabung dengan kelurahan di Kecamatan Tidore Timur, setelah kami melakukan sosialisasi di Kecamatan Tidore Utara,” ujarnya.

Sambung Zulkfli hadirnya perwali tersebut pihak dapat meminimalisir potensi penyalahgunaan anggaran sebagaimana yang kerap terjadi pada Dana Desa, sehingga setiap program yang dilahirkan harus benar-benar dari masyarakat dan diperuntuhkan untuk masyarakat.

“Perwali ini hadir sebagai pedoman buat pemerintah kelurahan, jadi setiap program yang dilakukan masyarakat harus bisa menikmati itu,” katanya.(dar)

Bagikan:

Komentar