Kemendagri Berikan Deadline Ke Pemda Taliabu

Editor: nusantaratimur.com author photo
Foto: Kantor Bupati Pulau Taliabu

TALIABU –  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan deadline kepada Pemda Pulau, untuk segera menuntaskan masalah dana hibah Pilkada 2020.

Pasalnya,  hampir semua Kab/Kota mengalami permasalahan yang sama mengenai pendanaan hibah Pilkada.

Ketua Bawaslu Pulau Taliabu, Adidas Ia Tea, kepada wartawan, mengatakan kemendagri sudah memanggil Pemerintah Daerah Pulau Taliabu dan Bawaslu  Pulau Taliabu pada rapat koordinasi evaluasi pendanaan Pilkada 2020, pada tanggal 7 Oktober 2019 kemarin di Jakarta.

Kemendagri menegaskan proses hibah pilkada harus sesuai prosedur yakni pengusulan, pembahasan/rasionalisasi dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), putusan. Untuk Bawaslu Pulau Taliabu, semuanya telah dilalui sesuai mekanisme. Hanya saja putusan atau finalisasi hibah pilkada tidak sesuai dengan hasil pembahasan/rasionalisasi bersama TAPD.

Tak hanya itu, kemendagri memberikan batas waktu sampai tanggal 14 Oktober untuk Pemda dan Bawaslu menyelesaikan hibah pilkada yang dibuktikan dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

“ Jika sampai tanggal yang ditentukan tidak terlaksana penandatanganan NPHD, maka kemendagri akan mengambil alih untuk penyelesaian hibah pilkada,” tandas Adidas.

Adidas juga menjelaskan, panggilan Bawaslu Pulau Taliabu oleh kemendagri, untuk memberikan penjelasan, dan kemendagri dalam memberikan penjelasan sangat detail terkait hibah pilkada.

Pada prinsipnya tinggal pemda saja yang bisa mengeksekusi hibah pilkada sesuai kebutuhan atau tidak. Karena pilkada 2020 ini adalah program nasional, maka pemda berkewajiban mensukseskannya dengan memberikan hibah pilkada sesuai kebutuhan sebagaimana telah dilakukan pembahasan/rasionalisasi bersama TAPD.

“ Saya berharap sebelum tanggal 14 Oktober,  Pemda Pulau Taliabu dapat menyepakati besaran hibah pilkada ke Bawaslu Pulau Taliabu sesuai kebutuhan yang dituangkan melalui penandatangan NPHD,” tutupnya. (Az)

Share:
Komentar

Berita Terkini