Meriahkan Perayaan Ritual Mandi Safar, KPLH Gelar Lomba Angkat Sampah di dasar Laut

Editor: nusantaratimur.com author photo

Para Anggota KPLH saat mengumpulkan sampah hasil Lomba para peserta

MINSEL-Perayaan Ritual mandi Safar yang di gelar di Pantai jiko Desa Sapa Timur, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tadi pagi berjalan meriah. Sabtu (05/11/2019).

Perayaan Mandi Safar yang di gelar tiap tahun ini, berbeda dengan Tahun-tahun sebelumnya. pasalnya, di perayaan kali ini ada hal yang menarik. Komunitas Pencinta Lingkungan Hidup (KPLH) Sapa Raya menggelar lomba angkat sampah di dasar laut. lomba yang di gelar di sela-sela peryaan ritual mandi safar ini, diikuti puluhan orang.

Wanly Todano Ketua KPLH Sapa Raya, dirinya mengatakan bahwa tujuan lomba yang di gelar KPLH ialah bermaksud bagaimana masyarakat bisa cinta atas lingkungan sekitar dengan tidak mencemari laut dengan membuang sampah.

Wanly Todano Ketua KPLH (Depan

"Lomba ini di gelar, sehubungan dengan perayaan ritual mandi Safar. bagaimana membersihkan sampah di dasar laut, dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di laut," Jelasnya.

Arsadi Bulaloa peserta lomba angkat sampah di dasar laut mengatakan bahwa dirinya sangat senang dengan di adakan lomba seperti ini.

"Pertama terima kasih kepada KPLH yang punya ide brilliant dengan menggelar lomba semacam ini. setidaknya ini mengampanyekan kepada Masyarakat agar tidak membuang sampah di laut. karna laut sendiri adalah sumber kehidupan kita. harapannya kedepan acara seperti ini di buat dengan skala yang lebih besar," Tuturnya.
Ronny Lengkey Kepala Desa Sapa Timur (Depan) dan Masyarakat Sapa Raya

Lomba yang di gelar KPLH ini, mendapat respon positif dari pemerintah desa setempat.

"Kami atas nama pemerintah sangat merespon lomba yang di gelar para anak muda ini, kami pemerintah akan mengsuport segala kegiatan KPLH demi kepentingan banyak orang. apalagi kami sudah merencanakan untuk lokasi pantai jiko ini, kedepan sebagai destinasi objek wisata. dan untuk mengsukseskan nya kami juga butuh dukungan dari para komunitas pemerhati lingkungan," Ujar Lengkey.

Dalam Lomba ini, KPLH menyediakan Hadiah-hadiah menarik bagi pemenang juara 1, 2 dan 3. Seperti alat selam Fins (Kaki katak) dan perlengkapan menyelam lainnya. (Ir)
Share:
Komentar

Berita Terkini