Terdakwa Ronal Jalani Sidang Perdana di PN Soa Sio

Editor: nusantaratimur.com author photo
Foto: Terdakwa M. Irwan Tutuwarima alias Ronal
TIDORE – Kasus pembunuhan Gamaria Kumala alias Kiki (19), warga Tahane, Kecamatan Malifut, Kabupaten Halmahera Utara, dengan  terdakwa M. Irwan Tutuwarima alias Ronal (35), menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Soasio, pada Selasa kemarin (1/10/2019).

Sidang perdana yang digelar secara tertutup itu, dipimpin langsung Ennierlia Arientwaty, selaku ketua majelis hakim, Ferdinal dan Kadar Noh masing-masing adalah sebagai anggota, dengan agenda mendengarkan dakwaan Jaksa Penuntut umum (JPU) yang dibacakan Sri Mardiana didampingi Fajarudin Falapesy, dan Windra dari JPU Kejaksaan Tinggi Maluku Utara.

Sementara itu, terdakwa Ronal hadir dipersidangan memakai rompi tahanan berwarna merah, terdakwa pun dalam sidang tersebut, terlihat diam mencermati setiap item-item tuntutan yang dibacakan JPU atas tewasnya korban Kiki Kumala.

Setelah mendengar seluruh tuntutan JPU, terdakwa Ronal dengan nada sedih menerima seluruh dakwaan yang dibacakan JPU.

Ketua Majelis Hakim, Ennierlia Arientwaty, sebelum menutup persidangan, menyampaikan bahwa ditunjuknya pengacara untuk mendampingi terdakwa M. Irwan Tutuwarima alias Ronal, karena terdakwa selama ini, tanpa ada pendamping dari seorang  pengacara. Mengingat, tuntutan JPU terhadap terdakwa diatas lima tahun  penjara, sehingga terdakwa harus didampingi penasehat hukum, tutur Ennierlia.

Setelah menunjuk pengacara terdakwa M. Irwan Tutuwarima alias Ronal, Ketua Majelis Halim Ennierlia Arientwaty langsung menutup persidangang.

Rencananya, sidang akan dilanjutkan pada hari Selasa (8/10) pekan depan, dengan agenda pembacaan eksepsi dari pengacara terdakwa yang tunjuk langsung PN Soasio melalui Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Rahim Yasim. 

Terpisah, Fajarudin Falapesy (JPU), kepada wartawan, Ia mengatakan kesiapan JPU dalam menghadapi kasus ini. Dirinya mengaku  telah menyiapkan kurang lebih 17 orang saksi perkara ini.

“ Inikan masih agenda eksepsi, tapi kami sudah siapkan 17 orang saksi dalam kasus ini,” Singkatnya. (dar)

Share:
Komentar

Berita Terkini