Kapan 'Tiga Kartu Sakti' AGK Dinikmati Masyarakat Malut

Editor: Admin author photo
Foto: KH. Abdul Gani Kasuba & Ir. Al Yasin Ali 

SOFIFI –  Masih ingat tiga (3) kartu sakti yang menjadi jualan politik Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba dan M. Al Yasin Ali (AGK-YA) pada Pilgub 2018 lalu. Kini janji AGK-YA telah ditunggu-tunggu 1,2 juta jiwa penduduk masyarakat Maluku Utara. Seberapa saktinya action tiga kartu sakti untuk melayani masyarakat di daerah kepulauan itu.

Tiga kartu sakti itu, yakni Kartu Maluku Utara Sehat (Kamu Sehat), Kartu Maluku Utara Cerdas (Kamu Cerdas) dan Kartu Maluku Utara Tumbuh (Kamu Tumbuh). Apakah janji politik AGK-YA dapat diwujudkan kita tunggu prosesnya.

Sekilas mengenai Tiga (3) Kartu Sakti yang pernah dipaparkan AGK pada debat kandidat,  (1). Kartu Sehat, Kartu ini merupakan subsidi jaminan kesehatan kepada 33.000 penduduk Malut berpenghasilan rendah dengan sasaran lansia, buruh kasar, nelayan, petani, tukang ojek. (2). Kartu Cerdas, Karti ini akan diberikan beasiswa kepada siswa potensi putus sekolah di Malut kurang lebih sebanyak 17.445 siswa sebesar Rp 3 juta/tahun pada usia sekolah 13-15 tahun.

Selain itu, sasarannya adalah meningkatkan Angka Partisipasi Murni (APM) pada usia sekolah 13-15 tahun dari 75,68 persen menjadi di atas 90 persen, dan menaikkan rata-rata lama sekolah dari 8,5 tahun menjadi di atas 9 tahun, serta memberi konstribusi pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) rata-rata Maluku Utara menjadi 70.33 persen. Dan (3) Kartu Tumbuh,  Kartu ini adalah jaminan keselamatan/asuransi jiwa bagi pelaku Usaha Kecil Menengah/Industri Kecil Menengah, nelayan dan petani yang berjumlah 27.000 orang. Dengan target penurunan angka pengangguran Maluku Utara di bawah 5 persen.

Tiga kartu sakti tersebut adalah pelayanan konkret kepada masyarakat Malut berdasarkan visi 'Maluku Utara Sejahtera 2023 yang diusungnya AGK-YA. Visi ini dijabarkan dalam 7 misi utama. “ Misi sehat, cerdas, maju, aman, harmonis, tumbuh, dan berakhlak” tutur AGK.

Akankah tiga kartu sakti ala AGK-YA sudah dapat diimplementasikan pada tahun 2020 mendatang. Berikutnya, hasil wawancara nusantaratimur.com bersama Kepala Bappeda Malut, Syamsudin Abdul Kadir, mengatakan, untuk mewujudkan program tiga kartu sakti untuk masyarakat Maluku Utara sejahtera. Kini program tersebut sudah masuk dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Maluku Utara.

“ Mengenai Kartu Cerdas ada penyiapan dana beasiswanya di dinas pendidikan senilai Rp. 23 Miliar, untuk siswa SMA pelaksanaannya akan menggunakan kartu.” Ujar Samsudin Abdul Kadir kepada media ini, Sabtu (26/10).

Sambung Samsudin, Kartu Cerdas “ itu beasiswa”, Kartu Sehat, itu ada Jamkesda yang diperluas, sementara kartu tumbuh, nantinya dari beberapa dinas akan menjabarkan dalam Renstra. Nah, Renstra-Renstra itu, sementara disusun masing-masing SKPD. “ Itu teknis jadi SKPD terkait yang merumuskan dalam renstranya.” Tuturnya.

Walau begitu, Tiga Kartu Sakti ditargetkan tahun 2020 sudah dirasakan masyarakat Maluku Utara.

“ Iya, kalau sudah disisipkan teknisnya oleh SKPD yang membidangi. Bappeda sudah membuat arahannya dalam RPJMD, dana untuk beasiswa dan Jamkesda serta dana di dinas masing-masing, serta Kartu tumbuh sudah ada tinggal teknisnya disusun oleh SKPD nya,” tutur Samsudin.

Terpisah, Plt Sekda Malut, Bambang Hermawan, mengatakan tiga kartu sakti di tahun 2020 “  Insya Allah masuk”.  Kalau Kartu Sehat, “ Tahun 2020 kerjasama dengan BPJS”, tandasnya.

Sementara Kartu Tumbuh, nantinya dikelola tim ekonomi yang tahap pertama diberikan ke petani kelapa yang tergabung dalam koperasi hilirisasi industri kelapa dibawah naungan PT inkrah. “ untuk konsep dan Peraturan Gubernur (Pergub) sudah selesai, rencana implementasi di tahun 2020,” papar Sekda.

Sekda menambahkan, kalau Kartu Cerdas “ Ini yang belum selesai konsepnya,” meskipun dari Bappeda mengatakan untuk kartu cerdas diplot 23 M berupa beasiswa untuk anak sekolah. Hanya saja Kata Bambang, konsep penyalurannya belum ditetapkan termasuk kriterianya, tutupnya. (tim)

Share:
Komentar

Berita Terkini