Tolak Bala, Ratusan Warga Gelar Ritual Mandi Safar

Editor: nusantaratimur.com author photo
Ratusan Warga Ikut merayakan Ritual Mandi Safar

MINSEL- Ratusan warga di Desa Sapa, Kecamatan Tenga, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar Ritual mandi Safar, Sabtu (05/11/2019).

Mandi Safar ini di percaya warga sebagai Ritual agar terjauh dari segala macam bahaya dan Musibah.

"Ritual mandi safar ini di gelar setiap tahun, tujuannya ada dua, pertama kita memohon kepada Allah agar diberi kesehatan, umur yang panjang agar bisa beribadah kepada Allah SWT, dan kedua tujuannya menolak 'Bala'," Jelas Mus Hambali Imam Masjid Al-muhajiri Desa Sapa.

Mus Hambali Imam Masjid Al-Muhajirin Desa Sapa (Depan), dan Hi.Abas Damopolii Tokoh Agama

Ritual mandi safar ini hanya di gelar di bulan safar, dan tak ada di Bulan-bulan yang lain.

"Kita tau bersama sejak di jamannya Nabi Nuh. sudah ada yang namanya bencana dan musibah, seperti Tsunami. maka tujuan dari bulan safar ini juga sebagaimana kita semua memohon kepada Allah agar di jauhkan dari bahaya serupa," Tambah Imam Hambali.

Acara ritual mandi safar ini diikuti ratusan masyarakat, baik yang ada di Desa Sapa Raya maupun di luar Desa. seperti masyarakat dari Kabupaten Bolaang Mongondow, dan dari Kota Manado pun ikut dalam acara ritual tahunan ini.

Hadi Warga Kota Manado, dirinya rela jauh-jauh datang ke Desa sapa hanya untuk mengikuti Ritual mandi Safar ini.

"Saya bersama keluarga datang kesini tujuannya hanya ingin mengikuti langsung ritual mandi Safar ini, ini acara yang sangat meriah," Ujarnya.

Ronny Lengkey Kepala Desa Sapa Timur

Ronny Lengkey Pejabat Kepala Desa (Hukum Tua) Sapa Timur, dirinya walaupun berbedah keyakinan Agama dengan Masyarakat yang ia pimpin, namun ia sangat kagum dengan acara yang di gelar ini.

"Ini acara luar biasa, terlihat dari ratusan masyarakat yang antusias ikut dalam acara ritual ini. bahkan lewat kebersamaan antara satu dengan yang lain sehingga memberikan pesan positif bahwa inilah seharusnya kita sebagai manusia yang harus menyesuaikan dengan alam semesta. terlebih acara ini sesuai apa yang saya tau bahwa tujuannya ialah tolak bala atau meminta kepada Tuhan yang maha ESA agar masyarakat terjauhkan dari segala macam bahaya," Kata Lengkey. (Ir)



Share:
Komentar

Berita Terkini