Yamin Tawari Optimis Melebihi 6 Kursi

Editor: Admin author photo
Foto: Calon Walikota Ternate. M. Yamin Tawari saat mendaftar di DPC PPP Kota Ternate

TERNATE – Calon Walikota Ternate, Mohammad Yamin Tawari, optimis maju pada kontestasi politik di Kota Ternate, sebagai politisi senior yang sudah aral melintang di dunia politik. Tentu kehadiran Yamin Tawari dipanggung politik pemilihan Calon Walikota dan Wakil Walikota Kota Ternate 2020 semakin bergengsi.

Abang YT, sapaan karib Yamin Tawari, ketika diwawancarai wartawan di Ternate. Dia mengatakan, partai politik sudah membangun komunikasi adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang nantinya akan menjadi kendaraan politik pada suksesi politik 2020 mendatang.

“ PPP saya sudah mendaftar, saya sudah menjalin komunikasi dengan teman-teman PPP, baik Kota, Provinsi maupun DPP, dan saya berharap mendapat dukungan dari PPP,” ungkap Yamin Tawari ketika ditemui di K62 Ternate, Senin (28/10/2019).

Selain partai berlambang Ka’bah. Yamin Tawari, juga mendaftar di partai NasDem. “ Saya juga kemarin mengikuti Fit and Propertes di partai Nasdem, tinggal mengikuti tahapan berikutnya sesuai mekanisme,” tandasnya.

Tak hanya itu, YT juga ikut mendaftar di  PDI-Perjuangan, Golkar dan Berkarya. “ Jadi tidak semua partai saya ikut mendaftar, hanya beberapa partai saja.” Jika dirinya sudah mendapat kepastian dukungan partai, ia akan turun ke masyarakat, untuk bertatap muka.

Karena Kata YT, selama ini, setiap masyarakat mendengar namanya, pertanyaan pertama adalah dapat dukung partai apa?. Maka dirinya memprioritaskan dukungan partai.

“ Saya tahu kegelisahan masyarakat seperti itu, khususnya untuk maju walikota ini, maka saya prioritaskan dukung partai dulu, saya yakin dan percaya bahwa masyakarat Kota Ternate sebagian besar tahu saya, mengenal saya, mungkin bagi yang belum mengenal, saya akan berkomunikasi dengan mereka. Kanapa saya katakan begitu, karena kehidupan saya selama 13 tahun  di Pulau Hiri, SD tamat di Faudu Pulau Hiri, dan saya lama tinggal di Sangaji, dan saya sempat mengikuti bapak mengajar di Sulamadaha, hampir sebagian hidup saya dihabiskan di Kota Ternate sejak kecil. Dan Insya Allah saya akan berkomunikasi dengan masyarakat, pasti dengan bahasa ternate,” tutur Yamin.

Ketika ditanya mengenai calon wakil, Yamin Tawari, berpendapat bahwa untuk kriteria calon wakil. pertimbangannya ada dua. Pertama, partai yang mendukung saya pasti minta wakil. Kedua, dari permintaan-permintaan itu, kita lihat aspek rasionalitas dan elektabilitas. dari situ kita bisa putuskan wakilnya, ujar YT.

Kendati saat ini sejumlah nama calon wakil sudah ditawarkan. Akan tetapi, dirinya memastikan terlebih dulu, sebelum mengambil kesimpulan menentukan siapa calon wakil yang mendampinginya.

“ Banyak wakil yang disodorkan kepada saya, tapi saya tidak bisa memastikan bahwa dari nama-nama tersebut, apakah dari partai-partai yang mendukung saya. Apakah mereka setuju atau tidak? Aspek rasionlitasnya terpenuhi atau tidak?, karena aspek rasionalitas itu biasanya berkaitan dengan pertimbangan suku, pertimbangan dukungan yang bersangkutan menambah dukungan atau tidak, aspek elektabilitas adalah keterpilihannya,” ungkapnya.

“ Wakil ini akan kita putuskan, setelah saya konsultasi dengan partai yang mendukung saya, karena di sekitar bulan Januari dan Februari baru kita berunding memutuskan wakilnya,” sambungnya.

Yamin menambahkan, komunikasi sudah ada partai yang mengajukan wakil, tapi saya harus mendapat dukungan dulu, baru kita bicara wakil. Kalau dukungnya belum, berarti kita tidak bisa bicara wakil.

“  Yang pasti saya akan lebih dari 6 Kursi, PKB saya belum berkomunikasi, tapi saya lihat mereka sudah punya calon, tapi saya tidak mendaftar, karena itu pesaing saya,” tutupnya. (ric)
Share:
Komentar

Berita Terkini