2.713 Keping KIA Sudah Dicetak Dinas Dukcapil Kota Tikep

Editor: Admin author photo
Foto: para siswa-siswi ketika menunjukan Kartu Identitas Anak (KIA)

TIDORE - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Tidore Kepulauan telah mencetak kartu identitas anak (KIA) sebanyak 2.713 keping dengan sasaran utama pelajar usia di bawah 16 tahun hingga nol tahun.

Menurut Kabid Pelayanan Pencatatan Penduduk Dukcapil Kota Tidore Kepulauan, M. Hasbi Marsaoly bahwa proses pencetakan kartu identitas anak (KIA) ini sudah dimulai sejak beberapa waktu lalu. Sementara sistem yang digunakan adalah sistem menjemput bola, karena petugas lebih banyak turun ke lapangan untuk melakulan sosialisasi sekaligus melakukan pencetakan.

"Kapasitas kemampuan cetak dalam sehari tergantung peserta yang merekam,  karena mesin cetak yang ada menggunakan mesin cetak kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP)," kata M.Hasbi Marsaoly kepada nusantaratimur.com saat ditemui di ruang kerjanya. Kamis (14/11/2019)

Lanjutnya, khusus untuk penerbitan KIA ini para pegawainya sudah menyeleksi dan meverifikasi dokumen KIA yang dikumpulkan melalui kerja sama dengan pihak sekolah yang berada di Kota Tidore Kepulauan. Sebelum KIA dicetak, data harus diverifikasi kembali untuk menghindari terjadinya kesalahan dan pencetakan ulang.

"Karena itu, verifikasi data kami lakukan secara selektif, dan sejumlah peryaratan harus di lengkapi agar tidak terjadi kesalahan cetak" ujarnya.

Hasbi menambahkan, persyaratan untuk penerbitan KIA, usia 0 sampai 5 Tahun, dengan melampirkan fotocopy Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) orang tua 1 lembar.  

Untuk usia 5 sampai 17 tahun melampirkan fotokopi Akte kelahiran, Kartu keluarga (KK), fotokopi akta kelahiran, dan pas foto 3x4 sesuai dengan tahun lahir ganjil berlatar belakang merah dan genap berlatar belakang biru sebanyak 1 lembar. Sedangkan, bagi anak di atas lima tahun menggunakan foto perekaman KIA dan anak di bawah lima tahun tidak menggunakan foto.

"Jika e-KTP berwarna biru, KIA memiliki warna bendera yakni merah putih," katanya lagi.

Data di himpun nusantaratimur.com melalui Dinas Dukcapil Kota Tidore Kepulauan, untuk kecamatan yang terbanyak melakukan pengusulan pembuatan KIA, yakni Kecamatan Oba Selatan sebanyak 1.631 orang,  Kecamatan Oba 613 orang, Kecamatan Tidore 181 orang, kecamatan Tidore Selatan 145 orang, Kecamatan Tidore Utara 70 orang, Kecamatan Oba Utara 61 orang dan Kecamatan Tidore Timur 7 orang, Kecamatan Oba Tengah 5 orang. (Aidar)
Share:
Komentar

Berita Terkini