276 Pendamping Desa Hadiri Kegiatan Pelatihan Kapasitas PLD

Editor: Admin author photo
Foto : Pelatihan Kapasitas PLD yang dilaksanakan Dinas PMD Provinsi Maluku Utara

TERNATE – Sebanyak 276 orang pendamping desa hadiri kegiatan Pelatihan Kapasitas Pendamping Lokal Desa (PLD) yang dilaksanakan  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Maluku Utara melaksanakan Provinsi Maluku Utara  di Grand Dafam Ternate, Senin (25/11/2019).

Pelatihan kegiatan kapasistas peningkatan pendamping desa dalam rangka eksis strategi program inovasi desa yang akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2019.

Sementara hasil-hasil inovatif yang telah dicapai oleh program inovasi desa yang harus dilestarikan.

“ Pendamping lokal desa yang kami latih pada kegiatan ini nantinya menjadi garda terdepan, mereka itu yang level paling bawah yaitu di desa, sehingga bisa memperkuat perencanaan-perencanaan yang ada di desa melalui penganggaran dari APBDes Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBD). Nah, hasil-hasil baik banyak yang ada di desa dalam meningkatkan kualitas penggunaan dana desa,” ungkap Taufik Kurniawan, selaku ketua panitia kepada nusantaratimur.com di Grand Dafam Hotel.

Taufik menjelaskan inovasi desa ada tiga bidang yakni, pertama adalah kewirausahaan, kedua adalah infrastruktur dan ketiga adalah pengembangan ekonomi lokal.

“ Jadi mereka buat inovasi yang baru terhadap hasil inovasi yang ada, untuk di modifikasi sehingga bisa menjadi suatu inovatif, seperti contoh ada di kabupaten morotai untuk pembelian, itu bisa mereka menggunakan bar-code, jadi tidak pakai uang tunai,” tutur  

Taufik menambahkan untuk kegiatan ini yang datang  dari pendamping lokal desa berjumlah 276 orang dari 9 Kab/Kota yang itu semua pendamping yang ada di desa langsung. “ Untuk kegiatan ini di laksanakan selama 5 hari mulai dari  tanggal 25- 29 November 2019,” katanya.(Ady)
Share:
Komentar

Berita Terkini