Camat Lede dan Tiga Desa Gotong Royong Bangun Jembatan Penghubung

Editor: Admin author photo
Foto:  Pembuatan rangka besi pembangunan jembatan penghubung oleh masyarakat  tiga desa ( Desa Balohang, Desa Langganu dan Desa Lede) yang dikoordinir Camat Lede Danial Hamid.

TALIABU -  Keinginan masyarakat di Kecamatan Lede, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, patut diberikan apresiasi, berbekal semangat gotong royong dan kebersamaan, kini jembatan di air balohang yang menghubungkan akses jalan ke desa tetangga tidak akan lama lagi bakal terwujud.

Melalui Pemerintah Kecamatan Lede, pembangunan jembatan ini adalah keinginan masyarakat yang di tindaklanjuti oleh pemerintah kecamatan melalui program kongkrit yang bertahun-tahun hanya menjadi harapan dan tidak ada tindaklanjut.

Pasalnya, Keinginan masyarakat akan adanya jembatan beton yang bisa di lewati oleh pengguna jalan baik itu sepeda motor maupun mobil telah lama menjadi harapan. Mengingat air balohang yang memotong akses ke desa tetangga tersebut, saat hujan mengakibatkan air pasang dan banjir, hingga masyarakat yang ingin melewatinya harus menunggu sampai airnya surut.

Pagi ini kamis (31/10/2019) bertempat di desa Langganu, masyarakat kecamatan lede di tiga desa yakni, desa balohang, desa Langganu Dan desa lede bersama camat ramai-ramai bekerjasama membuat rangka besi, untuk pembuatan jembatan beton penghubung yang nantinya di bangun di air sungai desa balohang kecamatan lede kabupaten pulau taliabu.

Camat Lede, Danial Hamid, saat ditemui usai kerja bakti di kediamannya mengungkapkan, bahwa usaha ini adalah tindaklanjut dari keinginan masyarakat selama ini yang menginginkan adanya langkah-langkah kongkrit dan benar-benar nyata.

"Kebetulan saya diamanahkan menjadi pimpinan wilayah disini, hanya Karena kenapa masyarakat begitu antusias, karena kita mengambil langkah-langkah yang kongkrit, kalau pun dulu hanya direncanakan tapi mungkin belum ada langkah yang membuat mereka optimis untuk merealisasikannya,” tutur Danial.

Disentil soal anggaran yang dipakai untuk pembuatan jembatan ini, Danial hamid menjelaskan, itu adalah anggaran sukarela dari masyarakat dan komunikasi yang kami bangun dengan pihak perusahaan. Untuk keperluan pengangkutan material, agar memudahkan dan mempercepat pembangunannya. “ Insya Allah pertengahan bulan 12 ini jembatan ini sudah bisa digunakan,” ucapnya.

Sekedar di ketahui Danial Hamid baru beberapa bulan dilantik menjadi Camat Lede menggantikan La Wani (camat lama).

Secara terpisah, Kepala Desa Balohang, Ayudin Abusaeni, menambahkan jembatan penghubung ini nantinya sangat membantu aktifitas masyarakat.  "Jadi kebetulan pembangunan jembatan ini ada di desa kami (balohang), dengan adanya jembatan ini, akses masyarakat yang mau ke arah utara maupun kea rah menuju ibukota kabupaten dapat melewatinya, meski banjir saat hujan datang di tambah masyarakat yang memiliki kebun di wilayah air itu memudahkan mereka saat pergi ke kebun,” pungkasnya.

Sambungnya, tadi kita sudah buat rangka besi untuk pengecorannya, di Hari Sabtu (2/10/2019) nanti Kita kerja lagi, tapi kerjanya nanti sudah berkelompok, Karena tadi sudah dibentuk kelompok di masing- masing desa. Oleh karena itu, Hari Sabtu ini kelompok satu yang kerja, selanjutnya baru kelompok lain lagi,” Kata Limbo sapaan karib Kades Balohang.(Ari)
Share:
Komentar

Berita Terkini