Besok, Sekda Malut Anulir SK Plt Kepala Sekolah SMA 23 Halsel

Editor: Admin author photo
Foto: Sekdaprov Malut Bambang Hermawan

SOFIFI– Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara Bambang Hermawan menegaskan akan menganulir surat tugas Nomor: 800/727/Disdikbud/MU/2019 tentang pengangkatan Asmar Lajiu sebagai Plt Kepala SMA 23 Halsel menggantkan Ramli Umar yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Malut, Jafar Hamisi.

“ Besok saya akan buat surat anulir SK Plt Kadikbud, setelah itu proses status kepala sekolah yang lama,” ungkap Bambang Hermawan kepada nusantaratimur.com saat dikonfirmasi melalui via whatshApp. Minggu (17/11/2019).

 “ Jadi Plt Kepsek yang baru dianulir dan yang lama diaktifkan kembali, setelah itu dievaluasi dan diproses sesuai ketentuan,” ucap Bambang.

Lalu ditanya mengenai sanksi Plt Kadikbud Jafar terhadap masalah ini. “ Kita sudah memanggil untuk dimintai keterangan, Ya sanksi yang diberikan berupa teguran,” tandasnya.

Tak hanya itu, kasus surat tugas yang pernah dikeluarkan Plt Kadikbud Malut terhadap pergantian kepala sekolah akan dianulir termasuk pengangkatan Plt Kepala SMA Negeri 23 Halmahera Selatan Asmar Lajiu maupun surat tugas pengangkatan Plt Aswia A. Mutalib sebagai Kepala SMA 29 Halsel semua akan dianulir.

“ Jadi proses penanganannya sama,” ujarnya.

Sebab, kata Bambang, Plt Kadikbud Jafar Hamisi tidak memiliki kewenagan mengangkat dan memberhentikan seorang kepala sekolah. Karena hal itu melanggar Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah sebagaimana pasal 10 dan 19 bahwa yang berhak untuk pengangkatan dan pemberhentian penugasan guru sebagai kepala sekolah adalah gubernur, tutupnya. (tim)
Share:
Komentar

Berita Terkini