Dikbud Malut Monitoring dan Evaluasi Dana Transfer Daerah 2019

Editor: Admin author photo
Foto: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malut gelar workshop dana transfer daerah 2019
TERNATE -  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara menggelar workshop monitoring dan evaluasi Dana Transfer Daerah 2019.

Kegiatan workshop yang dilaksanakan di Muara Hotel, Senin (11/11),  dibuka oleh Sekretaris Dikbud Malut Safiun Radjulan dengan yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab/Kota.

Kepala Sub Bagian Perencanaan Dikbud Malut, Ram Restiana Halada mengatakan tujuan dari workshop ini adalah melakukan monitoring dan evaluasi ketika menemukan permasalahan-permasalahan di seluruh Kabupaten/Kota.

“ Jadi dana transfer dan dana alokasi khusus (DAK) fisik maupun DAK non fisik itu masuk ke provinsi hanya dana DAK saja. Ini yang kita harus berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota misalnya bantuan operasional sekolah (BOS) SD, SMP, SMA, dan SMK,” ungkap Restiana kepada awak media di Ternate.

Lanjut Restiana, kalau kita hanya mengkoordinasikan dan mensinkronkan misalnya dana bos ada keterlambatan. Nah, di forum ini kita bahas bersama jangan sampai hal-hal seperti ini terjadi, baik di Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

Lalu ditanya mengenai dana transfer dan proses pencairan triwulan I sampai triwulan IV. “ Karena sudah mulai masuk bulan Desember, triwulan III hampir selesai,” Tapi  provinsi hanya melakukan monitoring DAK dan Dana Transfer. “ Jadi kita sudah mulai melakukan monitoring ini sekarang,” tandasnya.

Hasil monitoring dan evaluasi khususnya di perencanaan temuannya kebanyakan  keterlambatan dari pihak Bank tingkat Kabupaten. “ Itu yang sering menjadi kendala. Padahal dana itu sudah masuk ke rekening sekolah,” tutupnya. (adi)

Share:
Komentar

Berita Terkini