Dinas Kearsipan dan Perpustakan Malut Gelar Sosialisasi Sertifikasi Profesi Pustakawan

Editor: Admin author photo
Foto : Kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Sertifikasi Profesi Pustakawan
TERNATE - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara menggelar kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Sertifikasi Profesi Pustakawan Provinsi Maluku Utara Tahun 2019.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Malut, Rahwan K. Suamba,  mengatakan sosialiasi ini, adalah kegiatan dana dekonsentrasi, yakni kegiatan pusat yang diserahkan ke Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

"Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari dengan melibatkan peserta dari pengelola perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan khusus dan lembaga-lembaga pemerintahan yang berkaitan dengan kegiatan perpustakaan, seperti biro organisasi, Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dan Biro hukum," ungkap Rahwan kepada awak di Ternate.

Sambung Rahwan, kenapa ada pelibatan itu?. Ini dalam rangka memperkuat kepentingan-kepentingan kegiatan perpustakaan, dan saat ini memang pustakawan di Maluku Utara itu baru berjumlah lima orang, artinya ketersediaan SDM sangat minim di satu wilayah provinsi.

“ Kita berharap kepada pemerintah dalam hal ini BKD dengan Biro Organisasi dan Biro Hukum untuk memposisikan formasi fungsional perpustakaan, sehingga para sarjana-sarjana perpustakaan yang sudah cukup banyak di Maluku Utara itu bisa berkompetisi atau mengikuti tes yang pada akhirnya bisa membantu kegiatan perpustakaan yang ada di sofifi,” tuturnya.

Lanjutnya, kegiatan ini juga dalam rangka peningkatan kompetensi tenaga pustakaan yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada teman-teman pengelola perpustakaan agar dapat mengikuti kegiatan-kegiatan perpustakaan yang bisa mendapatkan mereka punya sertifikat.

Rahwan menambahkan sementara narasumber yang di undang dari pusat 3 orang yakni, Kepala Bidang Akreditasi Pustakawan, Joko Prasetyo,SH.SS.M.SI. Pustakawan Ahli Madya, Dra. Nia Gusniawati, Pustakawan Ahli Pertama,  Hendra Setiawan,S.kom.

"Harapanya mudah-mudahan setelah mengikuti Bimtek dan pemahaman tentang sertifikasi perpustakaan mereka yang kelola perpustakaan itu bisa bersertifikat memiliki standar hukum yang kuat, sehingga pada saat kita berfikir memberikan pembinaan atau peningkatan sarana dan prasarana tidak bertabrakan dengan standar-standar perpustakan nasional yang sudah di tentukan,” pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi tersebut di buka langsung oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Malut, Rahwan K. Suamba, yang dilaksanakan di Muara Hotel Ternate, Kamis (29/11/2019).

Untuk peserta pada kegiatan ini, yakni Kanwil Hukum dan HAM, BI Cabang Ternate, BPS Provinsi Malut, Kantor Balai Provinsi Malut beserta SKPD dilingkup Pemprov Malut dan Perguruan Tinggi Se-Kota Ternate. (Adi)

Share:
Komentar

Berita Terkini