Dinas Koperasi Kota Ternate Fokus Kembangkan SDM Pelaku Usaha Mikro

Editor: Admin author photo
Foto: Kadis Koperasi dan UKM Kota Ternate Hadi Haerudin

TERNATE -  Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Ternate fokus pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di sektor usaha mikro dalam rangka penguatan dan percepatan UKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Ternate  Hadi Haerudin mengatakan ada empat hal yang dilakukan untuk mengembangkan SDM pelaku usaha mikro, yakni pendampingan, mengadakan pelatihan, pemasaran (promosi), dan pemberian permodalan yang murah, ungkap Hadi Haerudin kepada nusantaratimur.com ketika ditemui diruang kerjanya. Jumat (8/11/2019)

Hadi menambahkan pelaku UKM dapat terintegrasi menjadi anggota koperasi sesuai dengan jenis usaha masing-masing yang sudah berbadan hukum. Hal itu bertujuan supaya kebutuhan pelaku UKM dapat difasilitasi lewat badan hukum yang ada, yaitu koperasi.

" Kami memiliki menargetkan di tahun 2020 Kota Ternate bisa menjadi kota koperasi dan kota UKM yang baik, Maka sekarang ini kami fokus melakukan pelatihan dalam mengembangkan SDM, sehingga program yang sedang di giat adalah program pemberdayaan,” tuturnya.

Lanjutnya, jumlah koperasi di Kota Ternate yang sudah mendapatkan izin atau badan hukum sebanyak 198 koperasi yang aktif dan 102 tidak lagi aktif.  “ Saat ini koperasi status yang cukup sehat, meskipun masih dalam tahap pembinaan, tapi semuanya sudah berbadan hukum,” ujarnya.

Karenanya, kata Hadi setiap tahun koperasi berkewajiban melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). “ Dalam satu tahun mereka juga harus menyampaikan pelaporan,” pungkasnya.

Walau begitu, pihaknya mengetahui berapa yang aktif dalam setahun, karena ketika tidak bisa melakukan RAT lebih dari dua tahun, maka Dinas Koperasi dan UKM akan mengusulkan untuk dibubarkan sesuai ketentuan dan mekanisme melalui pemberitahuan atau teguran.

“ Sekarang ini pengawasan terhadap koperasi sudah dilakukan secara rutin, sehingga mau tidak mau para pelaku gerakan koperasi ini harus mampu menyesuaikan perkembangan yang ada,” tutupnya. (ady)
Share:
Komentar

Berita Terkini