Disdikbud Kepsul Sosialisasi Bimtek Pendidikan Keluarga

Editor: Admin author photo
Foto: Kegiatan Disdikbud Kepsul

SANANA- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), melalui Bidang PAUD menggelar sosialisasi bimbingan teknis pendidikan keluarga dalam rangka penurunan angka stunting, Sabtu (16/11).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kepsul bekerja sama dengan Direktorat Pembinaan dan Pendidikan Keluarga. Kegiatan tersebut diikuti 69 Desa di Kepulauan Sula, dalam satu Desa terdiri dari 3 orang, yang diantaranya lembaga TK-PAUD, PKK Desa, Pengawas Desa, yang juga dihadiri oleh Tim PKK Kabupaten Kepulauan Sula.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD Dinas Pendidikan Kepsul, Ida Sriyanti menjelaskan, Keluarga mempunyai peran strategis mendukung perkembangan dalam mendukung perkembangan anak untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Perkembangan anak juga sangat dipengaruhi pola pengasuhan yang diterapkan, jadi kedepannya generasi bangsa tidak saja cerdas tetapi juga memiliki iman dan Taqwa serta memiliki karakter nasionalis yang tetap berakar budaya, ujar Ida Sriyani saat diwawancarai awak media.
Ida mengatakan, lembaga-lembaga Pendidikan Anak Usia Din itu ada yang namanya Kelas perpenting, yang dimana kelas orang tua tentang pendidikan keluarga, yang harus disediakan di lembaga PAUD itu sendiri. 

Kata ida, sasaran dalam kegiatan ini adalah bentuk-bentuk upaya agar wali murid PAUD benar-benar mempunyai pengetahuan, tetapi yang menginisiasi itu adalah Kepala Desa, sehingga dengan Kelas Perpenting itu wali murid bisa mempunyai pengetahuan positif, bebernya.
Tambahnya, kalau untuk penurunan stunting kecerdasan anak 70% akan mempengaruhi pola asli yang positif, dan wali murid bisa akan mengerti sel-sel anak ini digambarkan dengan sempurna.

Ia berharap, setelah kegiatan ini para guru bisa memperkuat kelekatan interaksi dengan anak didiknya, dan juga lebih mempererat hubungan dengan keluarganya, harap Ida. (di)

Share:
Komentar

Berita Terkini