Dishub Malut Akan Tindak Kendaraan ODOL

Editor: Admin author photo
Foto: FGD Kupas Tuntas Over Dimension dan Over Load di Maluku Utara

TERNATE – Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) akan menindak tegas  angkutan logistik yang Over dimension dan Over Load (ODOL). 

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Perhubungan Malut, Armin Zakaria, untuk menguatkan komitmen penindakan terhadap kendaraan bebas ODOL, maka Pemerintah Daerah bersama Polda Malut  akan menertibkan kendaraan angkutan logistik Over Dimension Over Load di jalan tol, ungkap Armin Zakaria, pada acara FGD Kupas Over Dimension dan Over Load di Maluku Utara  di Grand Dafam Ternate. Selasa (5/11/2019).

Lanjutnya, bagi pemilik kendaraan yang dimensinya tidak sesuai diharapkan segera menormalisasi kendaraannya, bagi kendaraan yang masih over dimensi jangan masuk ke jalan raya.

“ Penindakannya sesuai kualifikasi kendaraan, dan penindakan tersebut dengan tilang," tegas Armin.

Kata Armin, operasi penertiban kendaraan ODOL bakal dilakukan di Provinsi Maluku Utara sesuai aturan yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan. Sementara saat ini Dinas Perhubungan Kab/Kota telah memfokuskan penertiban angkutan yang melanggar jam beroperasi yang telah ditentukan. “ Dalam waktu dekat akan kami terapkan operasi ODOL tersebut,” ujarnya.

Dia menambahkan, penerapan aturan ini yang jelas akan dilakukan secara bertahap, tapi untuk  saat ini telah difokuskan pada penertiban jam angkutan sebagaimana telah ditentukan.

“ Kami fokus mulai dari jam angkutan kita tertibkan, setelah itu baru masalah over dimension dan over Load baru pemeriksaan kendaraan angkutan,” tegasnya.

Walau begitu, Armin mengaku masih banyak ditemukan di jalan raya kendaraan angkutan yang overload di atas maksimal yang telah ditentukan. Selain itu, juga banyak kendaraan angkutan yang over dimension yang di modifikasi dengan kelebihan yang tidak semestinya, tutupnya. (ady)
Share:
Komentar

Berita Terkini