Doni Monardo : Ajak Pemuda Pancasila dan Semua Komponen Jaga Ekosistem Sungai Citarum

Editor: Admin author photo
Foto: Kepala BNPB Letjen Doni Monardo

BANDUNG - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Doni Monardo, dalam kunjungan kerjanya ke Kota Bandung mengajak semua komponen masyarakat agar selalu menjaga ekosistem sungai Citarum. Ajakan tersebut disampaikannya dalam silahturahmi dengan Majelis Pimpinan Wilayah (DPW) Pemuda Pancasila (PP) Provinsi Jawa Barat, di Bandung (2/11).

"Sungai adalah cermin peradaban, apakah kita masih bisa disebut sebagai masyarakat yang beradab kalau sungai Citarum kita kotor?" tanya Doni.

Komponen masyarakat termasuk organisasi Pemuda Pancasila diharapkan mampu menjadi garda terdepan dalam upaya perlindungan terhadap lingkungan dan alam Jawa Barat.

"Berbagai program pemerintah termasuk Citarum Harum juga harus selalu dikawal, jangan biarkan sungai kita kembali tercemar agar dimasa depan anak cucu kita dapat bermain, berenang, berekreasi dan bersenda gurau di sungai-sungai kita yang bersih." Lanjut Doni.

Dalam silahturahmi tersebut Doni mengapresiasi Pemuda Pancasila sebagai salah satu komponen masyarakat yang ikut serta dalam upaya penanggulangan bencana dan menolong korban terdampak. Kehadiran organisasi-organisasi yang banyak muncul di masyarakat dapat menjadi komponen penting dalam upaya menjadikan negara menjadi tangguh menghadapi bencana. 

Dalam laporannya Ketua BPB MPW PP Rezal Walykan melihat banyaknya ancaman bencana di wilayah Jawa Barat, pihaknya saat ini sedang dalam pengembangan early warning system dengan pendekatan kearifan lokal. Sejalan dengan itu, ketua MPW PP Jabar H. Tubagis Dasep mengajak anggotanya agar selangkah lebih siap dan selalu hadir di tengah masyarakat ketika diperlukan. (tim)

Share:
Komentar

Berita Terkini