DPC PDI-Perjuangan Pultab Survei Elektabilitas Tujuh Kandidat

Editor: Admin author photo
Budiman L. Mayabubun

TALIABU - Hingga saat ini Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDI-Perjuangan Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) masih merahasiakan siapa calon bupati dan wakil Bupati yang akan diusung pada Pilkada 2020.

Meskipun sejumlah naman-nama bakal calon sudah diserahkan ke DPP PDI-Perjuangan di Jakarta. Namun internal DPC PDI-Perjuangan Pulau Taliabu enggan berkomentar siapa calon yang nanti dijagokan untuk maju pertarungan Pilkada Pulau Taliabu.

Hal itu disampaikan Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDI-Perjuangan Pulau Taliabu, Budiman L Mayabubun, bahwa saat ini mereka masih di instruksikan DPP untuk melakukan survei internal. Setelah kita melakukan pemaparan di DPP pada tanggal 6 November kemarin terkait dengan demografi politik di Kabupaten Pulau Taliabu dan seluruh Kab/Kota di Provinsi Maluku Utara.

Nah, dari hasil pemaparan itu di instruksikan oleh DPP untuk DPD dan DPC untuk melaksanakan survei internal seluruh calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang melaksanakan Pilkada di tahun 2020 hinggal pada tanggal 25 desember mendatang,” ungkap Budiman kepada awak media di Talibau, Senin (18/11/2019).

Budiman menambahkan, tujuan dari hasil survei tersebut adalah agar mereka bisa menguji tingkat elektabilitas bakal calon serta tingkat popularitasnya. Sehingga dari hasil survei itu akan dilihat, apakah tingkat elektabilitasnya lebih tinggi atau  popularitasnya yang lebih tinggi.

“ Mungkin sehari dua kita DPC Pulau Taliabu akan melaksanakan rapat terkait dengan pembahasan teknis lembaga survei apa yang kita gunakan untuk melakukan survei hingga 25 Desember mendatang," ujarnya.

Lanjutnya, hasil survei itu akan diserahkan paling lambat tanggal 25 Desember. Dan yang akan di survei nanti bukan hanya kader partai saja, melainkan seluruh kandidat yang telah terdaftar. “ Fokus kita adalah tingkat elektabilitasnya bakal calon” kata Budiman.

“ Hasil survei nanti kita serahkan paling lambat tanggal 25 desember dan yang kita survei ini menyangkut kandidat yang mendaftar baik itu calon bupati atau wakil, kita lebih fokus pada tingkat elektabilitas. Kita di perintahkan untuk mengikuti survey, apakah itu kader partai atau bukan, itu akan kita survei semua,” tandasnya.

Lalu ditanya pencalonan Ketua DPC DP-Perjuangan. Menurutnya sudah tentu itu akan menjadi titik fokus survei nanti, namun belum dapat dipastikan semuanya tergantung hasil survei. “ Ibu Ketua DPC otomatis juga akan menjadi titik fokus untuk mendapatkan rekomendasi tergantung dari hasil survei," pungkasnya.

Sekedar di ketahui nama-nama yang telah di serahkan ke DPP PDI-Perjuangan berjumlah 7 orang, yakni  4 bakal calon bupati diantaranya Sri Susiana Dewi Sopmena, Aliong Mus, Muhaimin Syarif dan Lamen Sarihi. Sedangkan  Calon Wakil Bupati, yakni Ramli, Hasanudin dan Safrudin Mohalisi. (Ari)
Share:
Komentar

Berita Terkini