Gunakan Lapisan Batu Alam, Jalan Setapak Di Sosota Untuk Permudah Akses

Editor: Admin author photo
Kadis Pariwisata Halbar Fenny Kiat

JAILOLO - Pembangunan Infrastruktur Pariwisata bertujuan agar mempermudah semua segmen wisatawan dalam mengakses spot wisata. 

Hal inilah yang mendorong Dinas Pariwisata Halbar membangun jalan setapak di Pulau Sosota, Kecamatan Loloda, sepanjang 210 Meter dengan lebar 120 Cm.

Pembangunan fasilitas tersebut belakangan menuai tanggapan Warga net di media sosial. Menanggapi hal tersebut, Kadis Pariwisata Fenny Kiat, saat ditemui di ruang kerjanya, rabu (20/11), menjelaskan, pembangunan jalan setapak di Pualu Sosota tersebut  bersumber dari dana DAK Pariwisata 2019 dengan nilai Rp190 juta.

Sebelum dilakukan pembangunan, kata dia, pihaknya sudah berdiskusi dengan berbagai stakeholders, termasuk wisatawan yang pernah ikut dalam kegiatan Fun Trip Kahatola FTJ 2018 dan 2019 lalu.

Salah satu masukan yang disampaikan oleh para stakeholders pariwisata dan peserta Fun Trip Kahatola ungkap Fenny, adalah fasilitas akses ke puncak Pulau Sosota. Oleh sebab itu, Dispar berupaya memanfaatkan dana DAK Pariwisata untuk Membangun fasilitas tersebut.

Yang terpenting lanjut dia, pembangunan fasilitas Jalan yang sudah memasuki termin kedua itu tidak merusak sisi Natural dari pulau. Sebab, sesuai dokumen RAB (Rencana Anggaran Biaya), badan jalan akan dilapisi batu alam. Sehingga nilai natural tidak hilang, pun demikian dengan keamanan, kenyamanan dan keselamatan pengunjung semakin terjamin ketika melakukan aktivitas wisata di tempat itu.

"Jalan setapak itu akan dipasangi batu alam, sehingga kesan natural tetap terjaga,” beber alumnus STPD ini. 

Senada dengan Fenny, Ketua Pemuda Pancasila Halmahera Barat, Sudirman Yunus, mengatakan, pembangunan fasilitas jalan tersebut sangat tepat. Sebab, kata Diman, pengunjung pulau Sosota bukan hanya kaum muda, namun juga anak-anak bahkan lansia (Lanjut Usia).

Dengan demikian, kata Sudirman, tidak ada yang salah dari pembuatan jalan tersebut. Sebagai Ketua PP Halbar, tambah Diman, begitu ia disapa, dua tahun lalu, pengurus PP Halbar pernah menggelar upacara hari sumpah pemuda di puncak pulau itu.

"Saya dan teman PP Halbar pernah upacara di tempat itu, jadi saya tahu jalur akses menuju puncak pulau sosota, cukup menguras tenaga jika tidak dibuatkan fasilitas jalan, "beber Sudirman. (Zu3)

Share:
Komentar

Berita Terkini