Hadirnya Mobil 'Si Jola' Bakal Layani Masyarakat Kota Tidore Kepulauan

Editor: Admin author photo
Walikota Tidore H. Ali Ibrahim

TIDORE - Dengan semangat menerapan sistem program digital oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinas Dukcapil) Kota Tidore Kepulauan disela-sela apel pagi gabungan,Senin (18/11), Walikota Tidore Capt. H. Ali Ibrahim melaunching  Penerapan Tanda Tangan Elekrtonik (TTE dengan CR Code) sekaligus dirangkaikan penyerahan mobil pelayanan keliling administrasi kependudukan.

Walikota Tidore mengharapkan agar bantuan mobil pelayanan keliling dapat dipergunakan dan dijaga dengan sebaik-baiknya serta dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Lanjutnya, dengan itikad membangun tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien, maka dipandang perlu mengembangkan sistem pelayanan administrasi kependudukan yang terbaru dan dibarukan melalui sistem pelayanan administrasi kependudukan yang dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan cepat kepada masyarakat dengan menerapkan mekanisme pelayanan secara “daring” (Dalam Jaringan) sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 7 Tahun 2019 dan dengan pertimbangan Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik, tutur Ali Ibrahim.

Di ketahui semua dokumen kependudukan yang diterbitkan oleh Dinas Dukcapil Kota Tidore Kepulauan terdiri dari Penerbitan Dokumen KK (Kartu Keluarga), Akte Kelahiran, Kematian, Perkawinan dan SKPWNI (Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia) dan dokumen kependudukan lainnya.

Selain itu, penggunaan penerapan sistem penerapan tanda tangan elekrtonik (TTE) oleh Dinas Dukcapil Kota Tidore Kepulauan mulai terapkan pada tanggal 01 September 2019 lalu.

Tetapi baru di launching bersamaan dengan momentum penyerahan Mobil Si Jola (Si Jemput Bola dan Layanan Langsung) yang ditandai dengan penyerahan Kartu Keluarga (KK) Bapak Walikota Tiodre H. Ali Ibrahim dan Sekda Pemkot Tidore Bapak Asrul Sani Soleiman yang telah ditandatangani secara elektronik  dan diserahkan oleh Kadis Dukcapil Kota Tidore Kepulauan kepada Bapak Walikota dan Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan.

Tak hanya itu, penerapan sistem TTE sebagai wujud perhatian dan komitmen Pemkot Tidore Kepulauan dalam mendekatkan pelayanan publik secara prima kepada masyarakat yakni dengan menerapkan sistem stelsel aktif untuk mendukung kepemilikan identitas dan dokumen kependudukan masyarakat.

Bahkan, Pemkot Tidore Kepulauan melalui anggaran yang bersumber dari APBD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2019, telah mengalokasikan pengadaan mobil pelayanan administrasi kependudukan keliling salah satu diantara dua Kab/Kota di Provinsi Maluku Utara yang baru memiliki mobil pelayanan keliling administrasi kependudukan.

Pasalnya, mobil ‘Si Jola” dilengkapi dengan sejumlah perangkat saat beroperasi, yakni didukung dengan mesin listrik (diesel) dengan pendingin AC, perangkat perekaman KTP elektronik yang mampu terhubung dengan jaringan server SIAK dengan pelayanan yang dapat  dilayani diantaranya : perekaman KTP elektronik langsung dicetak, Kartu Identitas Anak (KIA) dan pelayanan semua jenis akte dan sejumlah dokumen lainnya.

Dengan hadirnya mobil “Si Jola” juga diharapkan dapat meningkatkan kepemilikan administrasi kependudukan untuk setiap keperluan dan kebutuhan masyarakat terutama sebagai identitas kependudukan dalam bentuk KTP-el dan segala kepentingan, baik BPJS, Sosial, Identitas diri saat kepergian, melanjutkan studi dan mengurus pekerjaan serta kebutuhan lainnya.

Adapun daerah yang menjadi wilayah operasi mobil ‘Si Jola’ adalah pada tempat-tempat strategis baik pasar, Desa/Kelurahan pada semua kecamatan dalam wilayah Kota Tidore Kepulauan yang dapat dilalui dan ada akses jangkauan kendaraan. (Aidar)

Share:
Komentar

Berita Terkini