HJM Bahasa Inggris Unkhair Ternate Gelar Pekan Literasi

Editor: Admin author photo
Foto: Ketua Prodi Bahasa Inggris Unkhair Ternate
TERNATE - Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris bersama Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun Ternate menggelar Pekan Literasi dan Talenta (Pelita) dengan tema “ The Role Of Literature  and Culture In 4.0 Era” yang dilaksanakan Aula Banau FKIP Unkhair Ternate, Selasa (26/11/2019). 

Ketua panitia Rahmiyanti Ramli mengatakan kegiatan pekan literasi dan talenta merupakan program kerja tahunan HMJ Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang dilaksanakan selama tiga mulai tanggal 26-28 November 2019.

"Kegiatan ini kami laksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa dan juga membuat mahasiswa tidak lupa akan budaya lokal yang memang sudah tertanam sejak lahir, tapi karena di era revolusi industri 4.0 yang teknologinya serba canggih banyak generasi muda melupakan budaya-budaya lokalnya,” ungkap Rahmiyanti kepada awak media di Ternate.

Selain mengembangkan kreativitas mahasiswa, kegiatan  ini juga bertujuan mempertahankan rasa cinta budaya generasi muda khususnya di Maluku Utara. “ Kegiatan ini disponsori oleh gramedia dan cawicis salah satu grand makanan dan pesertanya Mahasiswa Se-Kota Ternate dari berbagai universitas,” tuturnya.

Ketua Prodi Bahasa Inggris Unkhair Ternate, Nanik Jusmita menyampaikan  sebagai koordinator prodi memberikan apresiasi kepada mahasiswa atas terlaksananya kegiatan ini, karena kegiatan literasi sangat memberikan pengaruh positif buat mahasiswa yang lain, karena dengan momen ini mereka bisa mengapresiasikan mereka punya bakat, kesenian, talenta, yang ada dalam diri.  

"Jadi mungkin yang sebelumnya tidak bisa tersalurkan, dan ini merupakan wadah untuk bisa mengapresiasikan apa yang ada dalam diri, karena dalam kegiatan ini ada beberapa mata lomba yang di kompetisi kan, ada debat bahasa inggris, ada Indonesian idol, kemudian baca puisi, ada kemampuan mengajar, teaching konteks, kemudian ada juga esay reating (Cara menulis),” sambungnya.

“ Jadi kita mencoba membangun kembali rasa kebudayaan yang ada dalam lingkungan kita dan talenta yang ada dalam hal literasi yang ada pada mahasiswa itu sendiri,” ungkapnya.

Lanjutnya, targetnya kegiatan ini merupakan penjaringan, karena di tingkat fakultas maupun tingkat universitas ada lomba-lomba mengenai literasi itu sendiri. “ Pada kesempatan ini kita bisa menyaring mana mahasiswa kita yang punya bakat sehingga saat ada momen tertentu kita bisa membawa mereka untuk bergabung pada tingkat universitas maupun sampai pada tingkat nasional nanti, dan untuk kegiatan ini di laksanakan setiap tahun,” ujar Nanik.

Nanik berharap dengan momen ini dapat memberikan respon positif dari mahasiswa yang lain kemungkinan mereka ada yang malu, ada yang masih ragu-ragu, untuk menyampaikan mereka punya aspirasi,  sehingga dengan momen ini segala sesuatu bisa tersalurkan. “ Jadi ini merupakan momen yang sangat positif buat mahasiswa/mahasiswi untuk menyalurkan bakat literasinya,” tutupnya.

Kegiatan pekan Literasi  dan Talenta di buka  oleh Wakil Dekan III FKIP Unkhair Ternate DR. Zulkifli Zam-Zam yang dihadiri Kaprodi Bahasa Inggris Nanik Jusmita beserta Dosen Bahasa Inggris, Mahasiswa Bahasa Inggris dan para peserta lomba.(Ady) 
Share:
Komentar

Berita Terkini