Kantor Bahasa Maluku Utara Menggelar Kegiatan Penyusunan Data Kosakata

Editor: Admin author photo
Foto : Kegiatan penyusnan data kosakata yang diselenggarakan Kantor Bahasa Malut 
TERNATE -   Kantor Bahasa Maluku Utara (Malut) menggelar kegiatan Penyusun Data Kosakata dengan tema “Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, Kuasai Bahasa Asing ” yang dilaksanakan di Hotel Emerald Kota Ternate, Sabtu (09/11/2019).


Kegiatan Penyusunan Data Kosakata menghadirkan empat (4) orang narasumber yakni Umiatun Sa’diyah, Naratungga Indit Prahasita, Mujahid Taha dari Kantor Bahasa Provinsi Maluku Utara dan DR. Farida Maricar dari Universitas Khairun Ternate.

Kepala Kantor Bahasa Maluku Utara, Dr. Syarifuddin, menuturkan bahwa penyusunan data kosakata ini nantinya diusulkan menjadi kosakata bahasa Indonesia.

"Tahun ini kami mendapatkan 600 kosakata yang diusulkan ke kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), begitu juga kantor bahasa Maluku Utara sudah memulai kegiatan ini sejak 2016. Jadi, itu sudah muncul 2.392 kosakata yang sudah diusulkan, namun semua pengusulan tersebut baru 6 kosakata yang bisa diterima di KBBI,” tutur Syafrudin kepada awak media di Ternate usai melaksanakan kegiatan penyusunan data kosakata.

Lanjutnya, sebenarnya penyusunan data kosakata sudah terverifikasi tingkat pakar, tingkat ahli. Nah, kemarin verifikasinya dilakukan pada tingkat informasi di masyarakat.

Sementara meteorologi yang digunakan di lapangan itu tutorial, pengumpulan data sesuai dengan metodologi yang sudah disarankan dari kajian ilmu bahasa sesuai dengan formatnya, inggal kita mengisi, baru nanti kita analisis. “ Jadi metodologi yang digunakan itu dalam bentuk kajian ilmu bahasa,” jelasnya.

Ia menambahkan, pemberdayaan program ini kami tidak bisa bergerak, tanpa ada bantuan dari masyarakat, pemerintah daerah, perguruan tinggi, guru-guru dan wartawan, tutupnya. (Ady)
Share:
Komentar

Berita Terkini