Kepala BP-PAUD dan Dikmas Malut Upayakan Kuota PKG Bertambah

Editor: Admin author photo
Foto: Kepala BP-PAUD dan Dikmas Malut Ridwan Ali narasumber pada kegiatan Bimtek Bantuan Pembinaan Profesional PKG dan Gugus PAUD  Tahun 2029

TERNATE - Kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Bantuan Pembinaan, Profesional Pusat Kegiatan Gugus (PKG) dan Gugus PAUD 2019 Se- Provinsi Maluku Utara resmi di buka Kepala Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP-PAUD dan Dikmas) Provinsi Maluku Utara Ridwan Ali yang diselenggarakan di Muara Hotel Ternate, Selasa (19/11/2019).

Ridwan Ali pada kesempatan itu, mengatakan bimtek ini sebagai kelompok gugus khususnya kelompok PAUD. Hal ini sebenarnya meningkatkan kompetensi maupun keahlian dan keterampilan para tenaga pendidik PAUD yang ada di Maluku Utara, ungkap Ridwan Ali.

“ Kemarin Penilaian Kinerja Guru (PKG) ini, Maluku Utara kuotanya cuma 35 tapi alhamdulillah nanti saya usahakan sampai di atas angka 40 untuk seluruh Malut, harapannya jangan melihat besar kecilnya bantuan kegiatan peningkatan gugus ini tapi, bagimana dengan dana itu mereka bisa membuat satu terobosan nantinya kita bisa menghadapi,”  tuturnya.

Menurutnya, PKG itu sudah ada di Provinsi Maluku Utara, di bagi juga per kecamatan, hari ini yang hadir tidak semua PKG, hanya yang memasukaan proposal untuk menerima bantuan untuk melaksanakan itu. 

"Ada juga kendala dalam akreditasi A dan B itu, mengikuti ada 8 standar nasional pendidikan dari standar proses kelulusan, tenaga kependidikan. Apa lagi tenaga kependidikan, PAUD yang ada di Malut rata-rata masih guru SMA, tetapi tidak sulit kita mendapatkan akreditasi, tapi ada satuan-satuan lain yang layak mendapatkan, biarpun ada masalah tetapi kita berusaha mendongkrat supaya akreditasi bisa bertahan, jangan turun," jelasnya. 

Harapnya kegiatan PKG ini bisa meningkatkan kompetensi kepada tenaga pendidik yang ada di kelompok gugus, tetapi mereka juga bisa membagi ilmunya kepada kelompok gugus yang lainnya, pungkasnya.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Non Formal dan Informal (PNFI) PAUD Kota Ternate, Farida A. Syah, selaku ketua panitia pelaksana menyatakan peserta dalam bimtek ini dari semua Ketua-Ketua Gugus Kab/Kota se-Maluku Utara dengan tujuan menggerakan kelompok untuk memahami lagi administrasi dan meningkatkan potensi serta kualitas PAUD tersebut.

"Bimtek ini juga mengevaluasi, dan memberi bimbingan kepada ketua-ketua gugus yang mengelola dalam menerima bantuan agar mereka mengembangkan di Kab/Kota sesuai dengan aturan Juknis, sehingga tercapai PAUD yang berkompeten dan berkualitas,” tutupnya. (adi)

Share:
Komentar

Berita Terkini