KPU Halbar Launching Pilkada 2020

Editor: Admin author photo
Foto : Acara Launching Pilkada 2020 yang dilaksanakan KPU Halbar

JAILOLO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara hari ini Kamis, (21/11/19) menggelar Acara Launching Pilkada/Pemilu 2020.

Kegiatan yang berlangsung di lokasi taman festival teluk jailolo (FTJ) Desa Gufasa, Kecamatan Jailolo, turut hadir Bupati dan wakil Bupati Halmahera Barat serta jajaran Forkopimda kabupaten Halmaherah barat serta Komisioener KPU Provinsi Maluku Utara Bapak Pudja Sutama.

Miftahudin Yusuf, selaku ketua KPU Halmahera Barat dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Halmahera Barat serta jajarannya yang sudah mensport kami, khususnya menganggarkan untuk pilkada tahun 2020, serta ucapan terimakasih juga kepada ketua kpu provinsi Maluku Utara atas penghargaannya, mengingat salah satu daerah yang tercepat dalam penandatangani naskah perjanjian hibah oleh pemerintah daerah, dan ini cukup luar biasa serta merupakan sinergitas antara kpu Halmahera barat dan pemerintah daerah.

“Muda-mudahan pilkada di 2020 berjalan dengan sukses, damai dan tertib seperti semboyan yang berada di Halmaherah barat ini (Ino Fomakati Nyinga), walaupun kita berbeda politik berbeda pilihan tetapi kita tetap satu sebagai warga Halmahera Barat, harapan saya semoga kegiatan ini serta pilkada di 2020 dapat berjalan damai seperti hari biasanya.

Turut hadir dalam sambutan, Kapolres Halmahera Barat bapak Aditya menyampaikan bahwa, kami polri dan yang akan di bantukan oleh pihak tni juga akan turun mengambil andil dalam pengamanan politik di pilkada 2020. di mana hal ini juga di atur berdasarkan undang-undang.

“ Saya juga akan tetap menjaga independensi selama tahapan pilkada ini berjalan, selain polri kami juga akan bersama ibu kejari akan melakukan pengawasan yang lebih mendalam dalam central gakumdu,” tuturnya.

Dikesempatan yang sama, Kapolres Halbar AKBP Aditya Laksimada dalam penyampaian sambutannya, beliau mengurai sedikit dari perspektif hukum bahwasanya pemilihan umum merupakan sebuah konflik yang dilegalkan. Sebab, berbicara tentang konflik akan ada dampaknya baik dari perselisihan yang muncul karena berbeda pilihan maupun pendapat serta terutama mengkampanyekan bakal calon kandidat.

"Kami dari Polri yang nanti dibantu oleh anggot Tni dengan wadah sentral Gakkumdu dengan Kajari sudah mendapat arahan maupun perintah untuk tegas dalam mengawal dan mengamankan pilkada 2020 di kabupaten Halmahera Barat," ucapnya.

Sementara Danny Missy, selaku bupati juga menyampaikan dalam sambutan, acara launching pilkada/pemilu serentak tahun 2020, merupakan tahun politik untuk kita masyarakat Halmahera Barat dan bangsa indonesia.

" Saya minta tetap pelihara suasana kondusif selama penyelenggaraan pemilu kada tahun 2020 nanti, agar pemilu kada ini bisa berjalan sukses, baik sukses penyelanggaraan maupun sukses menghasilkan pemimpin-pemimpin yang mampu melanjutkn kemajuan pembangunan dan kehidupan masyarakat yang lebih baik dan sejahtera, serta nantinya juga mendapatkan pemimpin halmahera barat yang benar-benar mampu mengemban amanah rakyat halmahera barat" ucap Danny.

Terpisah, Ketua KPU Provinsi Malut Puja Sutamat mengatakan, pada tahun 2020 nanti akan ada pemilu serentak diseluruh indonesia sebanyak 270 daerah dan hari pencoblosan ditetapkan pada tanggal 23 September 2020.

“Kami berharap pada saat pencocokkan dan penelitian (coklit) semua warga masyarakat dapat terdata sehingga nantinya dapat memberikan hak suaranya pada pilkada serentak agar tahapan pemilu nantinya agar berjalan dengan sukses,”tandasnya.

Lanjutnya, Launching Pilkada 2020 dibuka oleh Ketua KPU Provinsi Malut Puja Sutamat ditandai dengan Pemukulan Gong dan pelepasan Balon udara yang didampingi oleh Bupati dan Unsur Forkopimda). (Zu3)

Share:
Komentar

Berita Terkini