KPU Halbar Sosialisasi Tahapan Pilkada 2020

Editor: Admin author photo
Foto: Sosialisasi KPU Halmahera Barat

JAILOLO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmaherah Barat (Halbar) pada hari ini Jumat, (15/11/19) menggelar acara Sosialisasi Tahapan Penyelenggara Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Kabupaten Halmaherah Barat Tahun 2020.

Kegiatan sosialisasi yang berlangsung di Aula KPU Halmaherah Barat, turut hadir Kapolres Halmaherah Barat atau yang di wakili, Dandim  1501 Ternate atau yang mewakili perwira penghubung, Kejari Halmahera barat serta Bawaslu Halmahera Barat dalam hal ini yang di hadiri oleh kordiv hukum.

Dalam pembukaan acara, Ketua KPU Halmahera Barat Miftahudin Yusuf, SH memberikan apresiasi kepada para peserta sosialisasi diantara lain dari partai politik entah DPC maupun DPD Kabupaten Halmaherah Barat serta adik-adik dari OKP.

Selain itu, Mifta juga menyampaikan dalam sambutannya, Dalam tahapan pendaftaran bakal calon bupati dan calon wakil bupati nanti, saya berharap agar ada bakal calon pendaftar yang mengikuti dari jalur independen.

" Saya juga berharap agar peserta bakal calon Independen agar bisa memahami syarat dukungan untuk jalur independen yaitu dengan cara jumlah perolehan dukungan, paling sedikit 10 persen, Dengan jumlah DPT  terakhir Halmaherah barat 74.194.

Dengan cara penjumlahannya 10/100 x 74.194 dengan hasilnya 7.419 pendukung. dengan sekala presentasi jumlah dukungan yang tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan. Seperti halnya (50/100 x 8) =  8 kecamatan yang berada di Halmaherah barat maka paling sedikit 5 kecamatan yang harus di capai.

" Sedangkan PKPU Nomor 15 tahun 2019 dalam pendaftaran bakal calon bupati dan calon wakil bupati nanti akan di buka mulai pada bulan Maret-Juli. Sedangkan jalur independen juga akan di buka pada tanggal 11 Desember - 05 Maret 2020" Ucap, Ketua KPU

Sebelum akhir dalam acara sosialisasi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Halmahera Barat juga menyampaikan pemberitahuan bahwa pada tanggal 21 November 2019, akan di selenggarakan launching pemilu dan maskot pemilu 2020 yang letak kegiatannya belum di tentukan serta dalam acara launching maskot pemilu nanti akan di hadiri artis ibu kota.(Zu3)
Share:
Komentar

Berita Terkini