Kuasa Hukum Ronal : JPU Hadirkan Saksi Bukanlah Saksi Fakta

Editor: Admin author photo
Foto: Iswan Kasim (Kuasa Hukum Terdakwa Ronal)
TIDORE –  Jelang pembacaan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) sidang pembunuhan Gamaria Kumala alias Kiki yang diagendakan Pengadilan Negeri (PN) Soasio Tidore pada tanggal 14 September 2019 mendatang.

Menurut Iswan Kasim, kuasa hukum terdakwa M. Irwan Tutuwarima alias Ronal, bahwa 8 (delapan) saksi yang dihadirkan JPU bukanlah saksi fakta, karena saksi yang dihadirkan itu adalah saksi yang tidak melihat peristiwa tersebut secara langsung, melainkan sebatas melihat dan mengetahui peristiwa itu melalui postingan di media sosial (Facebook).

“Kalau jaksa mampu membuktikan terdakwa sesuai dengan pasal 340 maka yang bersangkutan (Ronal) akan dikenakan ancaman hukuman bisa seumur hidup atau hukuman mati, tetapi kalau terdakwa terbukti pada pasal 338 maka terdakwa hanya dikenakan sanksi 15 tahun kurungan penjara,” jelasnya.

Untuk itu, lanjut Iswan setelah dilakukan sidang penuntutan oleh JPU pada kamis pekan depan, pihaknya juga akan melakukan pembelaan sebagaimana prosedur yang berlaku. 

“ Soal tuntutan atas sanksi yang nantinya diberikan kepada terdakwa (Ronal) ini merupakan kewenangan jaksa, namun keputusan tertinggi berada pada majelis hakim,” tuturnya.(Aidar)

Share:
Komentar

Berita Terkini