Masyarakat Datangi Bupati Kepsul Minta Copot Kades Capalulu

Editor: Admin author photo
Foto : Pertemuan Masyarakat Desa Capalulu bersama Bupati Kepsul Hendrata Thes di ISDA
SANANA- Warga Desa Capalulu Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul), mendatangi Bupati Hendrata Thes di Istana Daerah (ISDA), Sabtu (30/11). Meminta Kepala Desa Capalulu M. Ali Umasangadji dicopot dari jabatannya.

Hal ini diungkapkan  Ketua Pemuda Desa Capalulu, Suhada Gazali, kepada wartawan usai bertemu dengan Bupati Kepsul. “ Tuntutan kami copot Kades Capalulu jawaban pak bupati menunggu hasil audit Inspektorat,” ungkap Suhada saat disambangi awak media di Sula.

Menurutnya, keluhan masyarakat Desa Capalulu meminta bapak Bupati Kepsul mencopot jabatan  Kades Capalulu karena diduga tidak ada transparansi tentang pengelola Dana Desa (DD). “ Aspirasi ini kami sudah sampaikan ke Bupati, mau dan tidak mau Kades Capalulu harus diberhentikan dari jabatannya,” tegas Suhada.

Suhada menambahkan beberapa pekan kemarin masyarakat Desa Capalulu menggelar aksi unjuk rasa hingga melakukan pemboikotan Kantor Desa Capalulu imbas dari ketidaksukaan warga terhadap Kades itu sendiri.

Sambungnya, selain mendesak pencopotan Kades Capalulu, pihaknya juga telah menyerahkan sejumlah dokumen pengelolaan dana desa yang diduga bermasalah. 

“Saya juga serahkan dokumen-dokumen sebagai dasar agar bupati segera pecat atau memberhentikan Kades dari jabatannya,” cecarnya. 

Suhada menegaskan atas nama masyarakat Desa Capalulu meminta Bupati segera menindaklanjuti aspirasi dan tuntutan masyarakat. Sebab, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, siapa yang bertanggung jawab, karena masyarakat sudah menolak Kades (Ali Umasangaji) dan mereka mau Bupati segera mengangkat Careteker Kades Capalulu dalam waktu dekat.

"Kami masyarakat Desa Capalulu menilai bahwa Inspektorat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) tidak serius mengawal dana desa. Masyarakat menduga ada permainan-permainan didalamnya, sehingga terjadi penggelapan dana desa terus menerus,” harapnya.

Selain itu, Inspektorat Kepsul diminta mempercepat hasil Audit. Sebab dari masyarakat Desa Capalulu sudah resah dengan kehadirannya M. Ali Umasangaji sebagai Kades Capalulu.

“  Kami masyarakat Desa Capalulu tidak menginginkan hal-hal yang terjadi dan merugikan satu dengan yang lain. Sejauh ini kami menilai bahwa Inspektorat dan PMD Kepsul tidak beces dalam mengawal dana desa,” katanya. (di)

Share:
Komentar

Berita Terkini