Memperingati Hari Guru Nasional, FKIP Unkhair Gelar Seminar Nasional

Editor: Admin author photo
Foto: Kegiatan Seminar yang dilaksanakan FKIP Unkhair Ternate

TERNATE- Memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November 2019. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Khairun (Unkhair) Ternate  melaksanakan Seminar Nasional Hari Guru sekaligus Workshop dengan tema ‘ Pentingnya Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0’ bertempat di Aula Banau FKIP Unkhair Ternate, Selasa (12/11/2019).

Seminar tersebut di buka langsung oleh Wakil Dekan (Wadek) I FKIP Unkhair Ternate Dr. Hasan Hamid dangan menghadirkan dua narasumber Seminar yakni, Pupung Purnawarman M.Sr, I.d., Ph.D, perwakilan dari Universitas Pendidikan Indonesia (Upi) dan Nurhayati Pandawa S.Pd, M.Pd, Koordinator Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan Kota Ternate.

Sementara workshop tersebut di isi langsung oleh Wadek I FKIP DR. Hasan Hamid yang di ikuti peserta berkisar 335 orang.

Ketua Panitia Seminar Nasional, Rizmada Azzahra, saat di wawancarai media ini di tengah-tengah berjalannya seminar mengatakan bahwa, tujuan kegiatannya untuk memperingati hari guru nasional yang jatuh pada 12 november 2019.

"Tujuannya ada beberapa yang pertama,  untuk apresiasi kami terhadap kinerja guru selama ini untuk mencerdaskan anak anak di indonesia timur utamanya,  kemudian untuk memberikan pengetahuan juga pada guru guru mengenai peran penting mereka dalam karakter siswa di sekolah, selanjutnya juga mempersiapkan siswa untuk menghadapi era revolusi industri 4.0," ungkapnya.

Lanjut Rizmada, nanti ada workshop tentang media pembelajaran online yang saat ini mungkin sudah mulai berkembang di sekolah. Ia pun mengatakan, jadi apa saja menjadi target, tentunya guru-guru bisa berkembang baik yang ada di daerah maupun yang ada di kota ternate, sekaligus bisa mengaplikasikan apa yang kami sampaikan mengenai media-media pembelajaran berguna untuk siswa dan dapat membentuk karakter siswa secara global.

Untuk Peserta dari workshop, ungkap Rizmada, ini semua Provinsi Maluku Utara sebanyak 335 peserta, dengan rincian, 197 peserta, umum dari guru, 42 dari dosen, dan 91 dari mahasiswa, di tambahkan pendaftar baru berkisar 50 peserta.

"Harapanya dari kegiatan ini bisa memberikan nilai positif pada guru-guru, bisamengambil ilmu yang bisa kami shering dari guru-guru, sehingga bisa mendukung kegiatan mereka di sekolah, baik pembelajaran dan sosialaisasi dari siswa/i di sekolah," harapnya.

Terpisah, Wadek I FKIP Unkhair Ternate Dr. Hasan Hamid, saat di temui media ini usai kegiatan, mengatakan bahwa, seminar nasional hari guru ini salah satu program fakultas setip tahun. Dalam kegiatan pemahaman mahasiswa tentang bagaimana peran tekhnologi di era revolusi industri four point zero (4.0), untuk bagaimana guru itu dapat dimanfaatkan, untuk menerapkan pembelajarannya di kelas.

"Targetnya tentunya ada, bahwa bukan hanya seminar tetapi karena ada workshop yang lebih implementatif, jadi sudah bagus juga, selain seminar," (Adi)
Share:
Komentar

Berita Terkini