Pangdam XVI/Pattimura Kuker ke Tidore

Editor: Admin author photo
Foto: Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Dr Marga Taufiq bersama Walikota Tidore Ali Ibrahim

TIDORE - Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq melakukan kunjungan kerja ke Kota Tidore Kepulauan.

Ini merupakan kunjangan perdana Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Dr Marga Taufiq sejak dilakukannya Serah Terima Jabatan (Sertijab) pada tanggal 3 Januari 2019 dari Pangdam sebelumnya Mayjen TNI Suko Pranoto.

Setibanya di pelabuhan Trikora Tidore, Pangdam XVI, Mayjen TNI Dr Marga Taufiq  disambut dengan pengalungan bunga dan penyambutan tradisi Jokohale (injak tanah) yang merupakan tanda penghormatan bagi pejabat yang baru pertama kali menginjakan kakinya di bumi Kie Matubu. 

Kedatangan Pangdam XVI, Mayjen TNI Dr Marga Taufiq disambut oleh Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

Hadir dalam rombongan Kunker tersebut, yakni Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, Para Asisten dan Kabalak Kodam XVI/Ptm, Para Dandim/Kabalak jajaran Korem 152/Babullah.

Tak berselang lama rombongan langsung diarahkan menuju ke Kantor Walikota Tidore. Setibanya di Kantor Walikota, rombongan diterima oleh Walikota Tidore Kepulauan Capt. Ali Ibrahim dan Sekretaris Daerah Kota Tidore Drs.Asrul Sani Soleiman dan Kapolres Tidore, Kejari serta sejumlah Pimpinan SKPD untuk selanjutnya bertatap muka dengan Forkompinda.

Walikota Capt. Ali Ibrahim dalam kesempatan tersebut mengatakan TNI/Polri adalah mitra Pemerintah Daerah untuk melayani masyarakat dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. " Maka Pemerintah Daerah saat ini selalu bersinergi dengan semua pihak baik TNI/Polri, Organisasi Kepemudaan, Organiasi Kemasyarakatan, Pimpinan Umat beragama,  serta Instansi vertikal bahkan seluruh masyarakat, agar selalu hidup rukun dan damai dalam rangka mewujudkan Kota Tidore yang aman, nyaman dan terkendali," pungkasnya

“ Selama ini, kerjasama Pemerintah Daerah bersama unsur TNI maupun Polri, telah berjalan dengan baik, untuk semakin berperan aktif menegakkan keamanan, ketertiban masyarakat di Kota Tidore Kepulauan,” tutupnya.

Sementara Pangdam XVI, Mayjen TNI Dr Marga Taufiq dalam paparannya mengatakan sangat bangga untuk pertama kalinya bisa berkunjung ke Kota Tidore yang dulunya merupakan pusat Ibukota Provinsi Irian Barat dengan kearifan budaya lokalnya, dan keindahan alamnya yang luar biasa. Katanya Pula, bahwa akan di bangun 5 Komando Distrik Militer (Kodim) baru di seluruh Wilayah Maluku.

Pangdam pun menyampaikan bahwa akan memprioritaskan putra daerah dalam seleksi menjadi anggota TNI- AD sehingga keterwakilan dan kesempatan kepada anak daerah untuk mengabdi, menjaga negara Kesatuan Republik Indonesia akan semakin kuat. " tentunya setiap calon anggota harus  memiliki standar kualitas yang baik sesuai syarat yang diajukan dan harus di respon positif oleh pemda setempat," ujarnya.

Pangdam juga meminta dukungan dan doa kepada masyarakat di Provinsi Maluku Utara khususnya di Kota Tidore agar bisa mempertahankan, melanjutkan serta mengembangkan lagi dan ikut berpartisipasi mensukseskan pembangunan di Provinsi Maluku Utara, ungkapnya.

Setelah itu Pangdam XVI/Patimura bersama rombongan melanjutkan kunjungan di Kelurahan Gurabunga Kota Tidore Kepulauan, kemudian dilanjutkan dengan jamuan makan malam di kediaman Walikota Tidore Kepulauan.

Setelah melaksanakan serangkaian agenda kunjungan kerja ke Kota Tidore, rombongan Pangdam pun kembali ke Ternate untuk selanjutnya bertolak ke Ambon (Aidar)

Share:
Komentar

Berita Terkini