Pemkab Pulau Taliabu Peringati HKN ke 55

Editor: Admin author photo
Foto: Wakil Bupati AKBP (Purn) Ramli saat membacakan sambutan Menteri Kesehatan pada upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional

TALIABU - Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu melalui Dinas Kesehatan Peringati Hari Kesehatan Nasional ke 55 tahun 2019 yang berlangsung di halaman Kantor bupati pulau taliabu, pada Selasa (12/11/2019).

Hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Pulau Taliabu Ramli, Asisten II, Polres Kepulauan Sula, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pulau Taliabu. Kepala BPJS Taliabu (Abd. Gani Kahar), Danramil Kecamatan Taliabu Barat, BKO, Polsek Taliabu Barat.

Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto dalam sambutannya sebagaimana yang dibacakan oleh Wakil Bupati Pulau Taliabu, Ramli, Menegaskan arahan presiden RI, bahwa ada dua isu kesehatan utama yang harus di selesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas yaitu Stunting dan Jaminan Kesehatan Nasional.

"Ada dua (2) isu kesehatan lainnya yang juga harus diatasi yaitu tingginya harga obat dan alat kesehatan buatan dalam negeri. Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat diupayakan solusinya,” ungkap Ramli.

Masih dalam sambutan Menteri Kesehatan RI sebagaimana yang dibacakan Wabup, Berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan untuk pembangunan SDM telah diraih dari kinerja kabinet yang lalu, yang ditandai dengan adanya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), dimana salah satu parameter yang diukur adalah usia harapan hidup.

"Isu-isu strategis telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan, antara lain yang menurunnya kematian ibu dan anak, menurunnya angka Stunting, meningkatnya cukupan imunisasi, serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dalam kurun waktu 5 tahun angka Stanting berhasil diturunkan 10 persen” tegasnya.

Selain itu, Jaminan kesehatan Nasional (JKN) telah dilaksanakan sepenuhnya walaupun besar tantangan yang di hadapi dalam penyelenggaraan JKN. Pada 5 tahun masa tugas kabinet Indonesia kerja 2015-2019 pembangunan kesehatan telah memperjuangkan 3 pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan, dan penyediaan biaya JKN melalui beberapa program unggulan bidang kesehatan, seperti Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Gernas), Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) dan Nusantara sehat (NS).

Foto: Kepala Dinas Kesehatan Pulau Taliabu Kuraisia Marsaoli ketika diwawancarai wartawan usai kegiatan upacara HKN 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoli, saat di wawancara menjelaskan bahwa Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 55 tahun 2019 ini, kami dinas kesehatan mengawalinya dengan jalan sehat dan senam bersama masyarakat, melaksanakan upacara serta melakukan pemeriksaan kesehatan gratis.

" Jadi hari ini setelah pasca upacara kami (dinkes) bekerjasama dengan BPJS dalam rangka penyerahan kartu BPJS secara simbolis kepada masyarakat Kabupaten Pulau Taliabu sebanyak 1584 JKN-KIS" paparnya.

Dia juga berharap untuk HKN ini, Dinas Kesehatan terus berbenah melakukan kegiatan-kegiatan yang betul-betul menyentuh dengan masyarakat dan Insya Allah angka kesakitan kita menurun, malaria kita eliminasi, kusta kita eliminasi dan stunting kita eliminasi juga. “ Semoga dengan momentum Hari Kesehatan Nasional ini, kita dapat membangun derajat kesehatan di pulau taliabu, generasi sehat Indonesia unggul,” tutupnya. (Ari)

Share:
Komentar

Berita Terkini