Qiro'ah Centre Malut dan IAIN Ternate Gelar Training of Tutor Metode Qiro'ah

Editor: Admin author photo
Foto: Kegiatan Training of Tutor Metode Qiro'ah yang dilaksanakan Qiro'ah Centre Malut

TERNATE - Qiro'ah Centre Provinsi Maluku Utara bekerja sama dengan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ternate melaksanakan Training Of Tutor Metode Qiro'ah dengan metode super cepat, mudah dan menyenangkan, belajar dan mengajar fashih membaca Al-qur'an, yang dilaksanakan di Aula MAN Model Kota Ternate. Sabtu (16/11/2019)

Acara ini di buka oleh Dekan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternae, DR. Rajiman Ismail, dengan menghadirkan Andi Suriadi sebagai narasumber pada kegiatan tersebut.  

Dekan Fakultas Tarbiyah, Rajiman Ismail, dalam sambutannya menyebutkan bahwa mencermati bahwa problem generasi kita saat ini terutama dari sisi kemampuan membaca al-qur’an masih kurang fasih. Hal itu banyak kita jumpai pada saat seleksi masuk perguruan tinggi dengan syarat pembacaan al-qur'an kadang ada yang masih dibawah standar.

Karenannya, Kata Rajiman, pihaknya akan berupaya memperbanyak orang-orang yang mengajar ilmu al-qur'an, apakah orang tua, guru-guru ngaji, guru PAI, guru TPQ dan guru TPA supaya mereka mengajarkan dengan metode membaca al-qur'an dengan baik dan benar.

“ Kedepannya anak-anak di Maluku Utara dapat membaca baca al-qur'an dengan fasih,” ujarnya.

Terpisah, ketua panitia pelaksana, Agus tangka S.Pdi, menjelaskan bahwa Training Of Tutor Metode Qiro'ah diperuntukkan bagi guru-guru yang berkecimpun dalam hal pembelajaran baca tulis al-qur'an.

Lalu ditanya mengenai peserta yang mengikuti kegiatan Training Of Tutor Metode Qiro'ah.  “Alhamdulillah banyaklah ” untuk Maluku Utara menjadi langkah awal, karena sebagai Korwil Qiro’ah  Provinsi Maluku Utara kita ingin tetap buka jaringan supaya metode ini tersebar ke seluruh Kab/Kota,” pungkasnya.

Usai pelaksanaan kegiatan ini, Agus menyebutkan akan memantapkan Training Of Tutor Metode Qiro'ah ini, karena sebagai wakil trainer di sini pihaknya akan memgembangkan. “ Ada beberapa orang yang akan kita pilih nanti untuk dijadikan sebagai trainer di Maluku Utara,  setelah itu kita akan sebarkan bersama tim di masing masing Kab/Kota,” tuturnya.

Agus juga menuturkan saat ini pihak sudah bekerjasama dengan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ternate serta melibatkan Kementerian Agama termasuk BKMT.

"Harapan saya mudah-mudahan kegiatan ini nanti menyita perhatian masyarakat yang luar biasa, karena ini masalah baca al-qur'an, ini keprihatinan kita di sini. Sebenarnya masih kurang, kita ingin menjadi pelopor sebuah gerakan yang akan mengembangkan kegiatan ini di Malut,” tutupnya.

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 100 orang peserta masing-masing keterwakilan dari Polres Ternate, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), TPQ Se-Provinsi Maluku Utara, PAUD/RA, Majelis Taklim Se-Provinsi Malut, Guru ngaji dan Penyuluh Agama Islam Se- Kota Ternate.

Sementara kegatan Training Of Tutor Metode Qiro'ah ditindaklanjuti dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Qiro'ah Centre Provinsi Maluku Utara dan  Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAN Ternate. (Adi)
Share:
Komentar

Berita Terkini