Rumdis Wabup Tak Ditempati Zulfahri, Ini Tanggapan Kabag Umum dan Kadis PUPR

Editor: Admin author photo
Foto: Rumah Dinas Wakil Bupati Kepuluan Sula

SANANA - Rumah Dinas (Rumdis) Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) yang terletak di Desa Waihama, Kecamatan Sanana, enggan ditempati Zulfahri Duwila, selaku Wakil Bupati.

Hal itu mendapat sorotan mantan Ketua PMII Cabang Kepsul, Iksan Umasugi bahwa anggaran rumdis wakil bupati yang dianggarkan dalam APBD Kabupaten Kepsul, maka wajib juga diperuntukan sesuai kebutuhan yang diatur sesuai ketentuan yang ada.

"Kita sudah memantau rumdis pak wabup selama ini tidak terawat dan tidak ditempati, padahal rumdis tersebut dibangun memakai APBD dengan miliar rupiah, tetapi selama ini tidak difungsikan,” ungkap Iksan Umasugi kepada nusantaratimur.com, Selasa (12/11/2019).

Menurutnya, rumdis yang begitu megah, namun belum ditempati. Ada apa?, padahal rumdis jabatan wakil bupati merupakan fasilitas negara untuk memperlancarkan tugas-tugas wakil kepala daerah.

“ Selama ini pak wabup masih tinggal di rumah pribadinya, hal tersebut akan dinilai tidak baik oleh masyarakat, mengingat sebagai pejabat publik harus memberi contoh yang baik buat masyarakat,” ujar Iksan.

Foto: Halaman Rumah Dinas Wakil Bupati Kepulauan Sula
Kabag Umum dan Perlengkapan Setda Pemkab Kepsul M. Zulkifly Umasangadji ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa fasilitas rumdis wakil bupati sudah sediakan semua, seluruh alat perabot kelengkapan rumdis itu sudah ada, tinggal wakil bupati menempatinya.

Walau begitu, pihak Bagian Umum dan Perlengkapan sudah menyurati wakil bupati untuk menempati rumdis tersebut, sebab segala bentuk fasilitas di dalam rumdis itu telah lengkap. “ Kami juga sudah memberikan tahu kepada sespri pak wakil agar bisa menempati rumah dinas itu,” tuturnya.

Zulkifly Umasangadji menambahkan fasilitas di dalam rumdis wakil bupati ini sudah ada sejak penyerahan dari Dinas PUPR ke Bagian Umum dan Perlengkapan, namun entah mengapa Wakil Bupati tidak tempatinya. “ Semoga di tahun 2020 Rumdis Wakil Bupati di tempati,” harapnya.

Sementara Kadis PUPR Kepsul M. Moh Lutfi membantah pernyataan Kabag Umum dan Perlengkapan M. Zulkifly Umasangadji. Menurutnya untuk pengelolaan fisik bangunan sudah selesai, tetapi untuk penyerahan ke Bagian Umum dan Perlengkapan sampai saat ini belum diserahkan.

“ Karena lanskap bangunan rumdis tersebut belum dibuat. Nah, kalau lanskap bangunannya sudah selesai dibuat, maka kami akan langsung serahkan ke bagian umum,” kata Lutfi. (di)

Share:
Komentar

Berita Terkini