Sekolah TK Desa Fatkauyon Tak Layak Dihuni, Ketua Milenial HT Sebut Kadis Gagal

Editor: Admin author photo
Foto: Kondisi bangunan Sekolah TK Negeri Desa Fatkauyon

SANANA - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dalam pembenahan infrastruktur pendidikan di Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) belum juga memberikan kenyamanan kepada pelajar sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Desa Fatkauyon Kecamatan Sulabesi Timur dengan tulus, serta semangat dalam belajar.

Hal ini dibuktikan dengan tidak nyamannya sisiwa siswi dan para guru TK Desa Fatkauyon saat melakukan proses belajar mengajar, ketika datangnya hujan selalu menghantui mereka, tak nyaman dibayangi rasa takut tertimpa bangunan yang nyaris ambruk. Hal ini sudah lama dirasakan oleh para siswa dan guru TK Desa Fatkauyon.

Menanggapi hal itu, Ketua Milenial HT, Iksan Umasugi saat kunjungan di Desa Fatkauyon, ada imformasi yang didapatkan dari warga setempat, bahwasanya sejumlah warga Desa Fatkauyon keluhkan sekolah TK yang tak layak dihuni, sekolah yang sudah seharusnya diperhatikan oleh Dinas Pendidikan Kepsul untuk di renovasi. Kerusakan fisik bangunan diantaranya kulit dinding bangunan sudah mengelupas, atap yang bocor ketika datangnya hujan, TK yang berdekatan dengan jalan raya ini juga tidak memeliki pagar sama sekali, memendam kecemasan para guru dan siswa saat belajar, Kamis (14/11).

"Fisik bangunan sekolah yang sudah berusia 60 tahun ini, sama sekali tidak ada sentuhan dari Dinas Pendidikan Kepsul lewat Bidang Sarana dan Prasarana, hal ini saya katakan bahwa Kepala Dinas Pendidikan gagal dalam melihat kondisi pendidikan di Sula", katanya.

Foto: Sekolah TK Negeri Fatkauyon 
Dikatakannya, ada sekolah yang setiap tahun dapat bantuan rehabilitas dan tahun berikut masih dapat lagi, sedangkan fisik bangunan sekolah TK yang sudah berusia 60 tahun ini tidak pernah diperhatikan oleh Dinas terkait", kata Iksan dengan tegas.

Kendati demikian, Iksan Umasugi yang juga mantan Ketua Umum PMII Cabang Kepulauan Sula periode 2014-2015 ini, membeberkan bahwa tanggung jawab Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pendidikan di Kepulauan Sula, terkait dengan masalah pendidikan perlu harus di tunjang oleh kesadaran untuk menciptakan khasanah intelektual generasih muda, harap dia.

Apalagi Taman Kanak-Kanak (TK) yang dimana merupakan salah satu pendidikan formal yang nanti disiapkan untuk melanjutkan pendidkan yang lebih lanjut, jelasnya.

Iksan menyinggung, bahwa hasil laporan yang didapatkan dari Kepala Sekolah TK Negeri Desa Fatkauyon, ternyata sudah pernah pihak sekolah TK usulkan ke Dinas terkait lewat Bidang Sarana dan Prasarana, tetapi hingga sampai saat ini belum di tindak lanjuti, ujarnya. (di)

Share:
Komentar

Berita Terkini