Selama Operasi Zebra 2019, Satlantas Polres Tikep Berhasil Menindak 708 Pelanggar

Editor: Admin author photo
Foto: Kasat Lantas Polres Tidore Kepulauan Iptu Ridwan Usman

TIDORE - Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Kota Tidore Kepulauan selama menggelar operasi zebra tahun 2019 di mulai dari tanggal 23 Oktober sampai dengan 5 November 2019 telah menindak sebanyak 708 pelanggar yang terdiri dari kendaraan roda 2 sebanyak 619 unit, kendaraan roda 4 sebanyak 81 unit dan kendaraan roda enam sebanyak 8 unit.

Kasatlantas Polres Tikep Iptu Ridwan Usman mengatakn untuk pelanggar yang ditindak didominasi oleh pelanggar yang tidak menggunakan Helm SNI yakni sebanyak 343 pelanggar, disusul pelanggar yang surat-suratnya tidak lengkap sebanyak 260 pelanggar dan melawan arus sebanyak 7 pelanggar, menggunakan HP saat berkendaraan sebanyak 8 pelanggar, berkendaraan dibawah umur sebanyak 35 pelanggar, Strobe Lights sebanyak 17 pelanggar serta pelanggaran lain-lain sebanyak 38 pelanggar.

Sementara untuk pelanggar yang berkendaraan dibawah pengaruh alkohol, berkendara dibawah umur, dan pelanggar jenis rotator tidak ada. “ Operasi ini kami lakukan di Pulau Tidore dan didaratan Oba tepatnya di Kecamatan Oba Utara, jadi kalau kita lihat pelanggaran yang mendominasi berdasarkan operasi perhari maka itu lebih cenderung berada di daratan Oba Utara yang paling banyak pelanggarnya,” ungkap Kasat Lantas, Kamis, (7/11/2019)

Kendati demikian, berkat Operasi Zebra tersebut untuk saat ini khusunya di pusat kota sudah mulai terlihat kesadaran dari masyarakat dalam berkendaraan, dimana sebelumnya masyarakat yang berkendaraan kadang tidak menggunakan Helm SNI baik didepan maupun belakang kini telah menggunakan.

Kasat Lantas, Iptu Ridwan Usman, menaruh harapan besar kepada masyarakat Kota Tidore Kepulauan agar bisa tertib dalam berkendaraan tanpa harus menunggu adanya operasi zebra, pasalnya persoalan tertib berkendaraan ini tujuan utamanya adalah menjaga keselamatan bagi pengendara itu sendiri.

“Harapan kami kedepan jika terdapat operasi lagi, maka jumlah pelanggar ini bisa menurun dan masyarakat sudah bisa sadar dalam tertib berkendaraan,” tambahnya.

Sementara personil yang dilibatkan kegiatan operasi Zebra ini, terdiri dari Satlantas Polres Tidore sebanyak 23 Personil, Bagian Ops Polres Tidore sebanyak 2 Personil, Satuan Intelkam Polres Tidore sebanyak 1 Personil, Sie Propam sebanyak 1 Personil dan TNI sebanyak 2 Personil sehingga total jumlah personil dalam operasi tersebut sebanyak 29 Personil.(Aidar)
Share:
Komentar

Berita Terkini