Sidang Pembunuhan Kiki Kumala, Dokter Forensik Batal Beri Kesaksian

Editor: Admin author photo
Foto : Humas PN Soasio Kadar Noh

TIDORE – Dokter forensik batal beri kesaksian dalam persidangan kasus pembunuhan Gamaria Kumala alias Kiki (19) dengan terdakwa M. Irwan Tutuwarima alias Ronal.

Meskipun dokter forensik berhalangan hadir pada persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Soasio Tidore yang digelar pada hari ini. Selasa (5/11/2019). Namun rencananya PN Soasio akan kembali mengagendakan pemanggilan kedua dokter forensik saksi dari JPU yang melakukan outopsi terhadap mayat korban Kiki Kumala.

Menurut Humas PN Soasio, Kadar Noh, kepada sejumlah media mengatakan dari agenda tersebut untuk dua orang saksi dari JPU yang berprofesi sebagai dokter forensik berhalangan hadir dengan alasan kontraknya sudah selesai yang dibuktikan melalui keterangan dari Rumah Sakit Weda (Halmahera Tengah), sementara yang satunya lagi sedang berada di luar daerah (Jakarta).

“Meskipun mereka tidak hadir namun sesuai ketentuan pasal 126 KUHP sehingga keterangan dua dokter tersebut kemudian dibacakan dalam persidangan,” tuturnya.

Kadar Noh mengatakan, setelah dilakukan sidang pemanggilan saksi JPU, rencananya pada kamis 14 November 2019, PN Soasio akan kembali mengagendakan terkait dengan pembacaan tuntutan oleh JPU. Pasalnya kedua belah pihak baik JPU maupun pihak terdakwa Ronal sudah merasa cukup alat bukti untuk pemeriksaan perkara.

“Pada hari kamis nanti akan ditutup dengan agenda pembacaan tuntutan pidana oleh JPU, setelah itu dilanjutkan dengan agenda pembelaan dari kuasa hukum terdakwa, dari situ baru kemudian hakim memutuskan hasilnya,” tutur Kadar.

Lanjutnya, jadi untuk saat ini keputusannya masih bersifat rahasia, karena hakim masih mencari kebenaran materil dalam persidangan, lagi pula saat ini belum ada putusan yang diucapkan oleh majelis hakim, tutupnya. (Aidar)
Share:
Komentar

Berita Terkini