Staf Ahli Menteri Desa dan PDT Hadiri Bimtek di Maluku Utara

Editor: Admin author photo
Foto: Staf Ahli Menteri Desa dan PDT Ekatmawati saat menghadiri Bimtek Peningkatan Kapasitas Pembina Satuan Permukiman Transmjgrasi Se-Indonesia Timur yang dilaksanakan di Ternate

TERNATE - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Maluku Utara melaksanakan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Pembina Satuan Permukiman Transmigrasi Se-Indonesia Timur Tahun 2019" bertempat di Muara Hotel Kota Ternate, Kamis (29/11/2019).

Kepala Bidang Pengembangan Kawasan Transmigrasi Provinsi Maluku Utara, Harun Al Banjar, mengatakan kegiatan bimbingan teknis dalam rangka bekerja sama dengan Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

"Tujuan dari pada kegiatan ini adalah, setelah mengikuti Bimtek ini diharapkan mendapatkan ilmu pengetahuan bagaimana meningkatkan kapasitas para pembina unit, para pembina transmigrasi, dalam mengelola aktivitas yang ada di permukiman transmigrasi itu sendiri,” tutur Harun.

Tujuan yang kedua  adalah, memicu timbulnya jiwa kepemimpinan bagi para pembina Unit Permukiman Transmigrasi (UPT) di lokasi permukiman, sekali pun di tingkat level bawah, pimpinan UPT dari desa persiapan, menjelang sebagai desa definitif yang memerlukan pimpinan yang punya pengetahuan tentang bagaimana mengembangkan masyarakat itu sendiri, ujarnya.

Staf Ahli Menteri Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal Kementerian Desa dan PDT, Ekatmawati, mengatakan tujuan dari pada kegiatan ini, untuk meningkatkan kapasitas para pembina satuan permukiman transmigrasi khususnya yang di indonesia timur.

"Jadi 12 provinsi di indonesia timur yang hadir, ada dari papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku,  Maluku utara, NTT dan NTB," terangnya.

Untuk targetnya ucap Ekatmawati,  supaya ada wawasannya, ilmunya, para pembina satuan pemukiman, bisa mengerjakan tugasnya sesuai dengan apa yang sudah ditargetkan di dalam rencana kerja kementerian, kata.

Kegiatan Bimtek tersebut di buka Staf Ahli Menteri Bidang Pengembangan Ekonomi Lokal Kementerian Desa dan PDT Ekatmawati hadiri 64 orang peserta keterwakilan 12 Provinsi Se-Indonesia Timur. Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Pembina Satuan Permukiman Transmigrasi Se-Indonesia Timur di gelar selama enam hari di mulai 28-2 Desember 2019.

Sementara narasumber pada kegiatan, Staf Ahli Kementerian Desa dan PDT, Ekatmawati, Direktorat Pengembangan Sosial Budaya, Direktorat Perencanaan, Direktorat Pengembangan Usaha Transmigrasi, Direktorat Pelayanan Pertanahan, Kepala Inspektorat Maluku Utara, Keterwakilan Universitas Khairun Ternate, Keterwakilan Universitas Muhammadiyah Maluku Utara dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Maluku Utara. (Ady)
Share:
Komentar

Berita Terkini