Awal 2020, Kapal Ferry Bastiong-Gita Mulai Beroperasi

Editor: Admin author photo
Foto: Kadis Perhubungan Pemkot Tidore Daud Muhammad
TIDORE - Untuk memenuhi kebutuhan akses transportasi laut di wilayah Kecamatan Oba dan Oba Selatan, Kota Tidore Kepulauan, akhir terjawab.
Pasalnya, di awal tahun 2020 mendatang, akses transporasi kapal ferry akan di operasikan dengan rute Bastiong-Gita.

Hal itu diperkuat, setelahnya adanya Surat Keputusan dengan nomor : KP. 4550/AP/.204/DRJD/2019 tentang penetapan lintas penyebrangan perintis tahun 2019. Dari Kementerian Perhubungan Dirjen Perhubungan Darat yang menetapkan trayek untuk kapal ferry dari pelabuhan Bastiong Ternate ke kelabuhan Gita Kota Tidore Kepulauan.

“ Untuk pengoperasiannya sudah bisa jalan diawal tahun 2020, jadi kita uji coba untuk trayeknya ini satu minggu satu kali. Untuk itu,  ferry dari Bastiong Ternate menuju Pelabuhan Gita ini dijadwalkan pada hari Sabtu,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepualaun  Daud Muhammad Kepada wartawan media ini saat dihubungi melalui via telepon, Selasa (10/12/2019).

Lalu tanya mengenai sarana dan prasarana di pelabuhan Gita. Menurut  Daud, untuk ditahun 2020 pelabuhan Gita sudah bisa disinggahi oleh kapal Ferry, karena sudah dialihfungsikan. Sehingga pada tahun 2021 pihaknya akan menyiapkan data pendukung berupa RIP, SID, Fisibility Study dan kajian lingkungan untuk dilakukan pembangunan pada tahun 2022.

Sementara untuk Kapal ferry rute Dowora- Galala (Sofifi). Kata Daud, pada tahun 2020 mendatang dijadwalkan selama 5 hari, yakni Senin sampai Jumat. Dan menariknya untuk Hombes ferry Dowora - Sofifi pada tahun 2020 nanti berpusat di Pelabuhan Dowora dan sudah tidak lagi di Bastiong Ternate.

“ Kapal Ferry pelabuhan Gita tidak singgah di Tidore karena sudah ada Ferry tujuan Dowora- Sofifi,” tambahnya. (Aidar)
Share:
Komentar

Berita Terkini