Bawaslu Haltim Kecolongan

Editor: Admin author photo
Foto:  Basri Suaib Kordiv HPP Bawaslu Haltim
MABA- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) rupanya kecolongan  dalam seleksi rekrutmen Calon Anggota Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pemilukada 2020.

Kenapa tidak, eks Ketua Panwascam Maba Selatan Abdul Gafur H. Salam terbukti menyalahi kode etik penyelenggara di ikut sertakan dalam tes kali ini. Pasalnya, belum lama ini yang bersangkutan melalui akun Facebook pribadinya pernah menulis status ucapan selamat kepada oknum calon legislator Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Halmahera Timur “ Selamat 2 Periode DPRD Dapil Wasiley Abang Ashadi Tajuddin, SH semoga amanah.” Padahal di ketahui belum ada penetapan resmi dari KPU Haltim.

Walau begitu, keikutsertaan Abdul Gafur H. Salam pada tes tertulis online mendapat sorotan tajam dari Anggota Bawaslu Maluku Utara Aslan Hasan saat di temui diruang kerja di Kantor Bawaslu Maluku Utara di Ternate, Jumat (13/12/2019).

Menurut Aslan, tindakan Abdul Gafur Hi. Salam jelas melanggar kode etik penyelenggara, karena tidak bisa menjaga netralitas dan independensi penyelenggara. Setelah dirinya mendapatkan informasi dan bukti ucapan beberapa waktu lalu.

“ Kami sudah memerintahkan Bawaslu Haltim   untuk melakukan pemeriksaan kepada yang bersangkutan sebab apa yang dilakukan merupakan pelanggaran,” tegasnya.

Aslan menyebutkan mantan Ketua Panwascam Maba Selatan ini, pada tahun kemarin sudah melanggar kode etik,  tahun ini penyelenggaraan tes Panwascam yang bersangkutan masih ikut  tes Panwascam.

“ Sebenarnya sudah tidak boleh diikut sertakan mantan Panwascam Abdul Gafur Hi. Salam dalam tes Panwascam kali ini, karena terbukti telah melanggar kode etik penyelenggaraan pemilihan,” papar Aslan.

Kordiv HPP Bawaslu Haltim Basri Suaib ketika di konfirmasi akan menindaklanjuti laporan tersebut. “ Kami pastikan akan menindak eks Ketua Panwascam Maba Selatan karena menyalahi kode etik penyelenggara,” singkatnya. (riel)

Share:
Komentar

Berita Terkini