Bawaslu Tidore: 84 Calon Panwascam Lengkapi Berkas, Dua Kecamatan Tak Penuhi Kuota

Editor: Admin author photo
Foto: Iriyani Abd. Kadir (Devisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Tidore)
TIDORE- Sejak di buka pendaftaran Calon Panwaslu Kecamatan (Panwascam) oleh Bawaslu Kota Tidore Kepulauan mulai tanggal 27 November lalu dan berakhir hari ini tanggal 3 Desember 2019 hingga pukul 00:00 WIT (jam 12 malam ini).

Tercatat jumlah pendaftar calon panwascam di 8 (delapan) Kecamatan di Kota Tidore Kepulauan hingga hari ini batas waktu penutupan pendaftaran sebanyak 84 orang telah melengkapi berkas.

Walau begitu,  terdapat 2 (dua) Kecamatan yang belum memenuhi kuota pendaftaran sedangkan  6 (enam) Kecamatan yang berada di Kota Tidore Kepulauan sudah memenuhi kuota.

Dua kecamatan yang minim pendaftar, yakni Kecamatan Oba Tengah dan Kecamatan Oba Selatan. Hal itu disebabkan peserta yang mendaftar jumlahnya tidak mencapai 6 orang.

“Jadi sampai pada jam 00:00 WIT sebentar malam, kalau di dua kecamatan ini belum terpenuhi dengan total jumlah 6 berarti akan dibuka lagi pendaftaran khusus dua kecamatan ini untuk memenuhi jumlah yang ditentukan. Sementara untuk enam kecamatan tadi tidak bisa dibuka lagi, karena sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan,” ungkap Devisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kota Tidore Kepulauan, Iriyani Abd. Kadir kepada saat wartawan media ini saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (3/12/2019).

Iriani menambahkan memasuki tahapan seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2019 mendatang. “ Tes tertulis menggunakan sistem CAT yang akan dilaksanakan Bawaslu bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Tidore dan komputer yang digunakan itu sebanyak 30 unit,” sambungnya.

Pada tanggal 6 Desember ini, kita akan melakukan uji coba dan Bawaslu Provinsi yang membidangi hal ini ditugaskan untuk mendampingi operator untuk melakukan uji coba di SMK Negeri 1 Tidore. “ Kemungkinan juga kami akan melibatkan siswa/siswi SMK untuk dampingi tes uji coba,” tuturnya.

Lanjutnya, Bawaslu dalam melaksanakan setiap tahapan perekrutan panwascam sesuai dengan petunjuk teknis (Juknis) khusus 8 Kecamatan di wilayah Kota Tidore kepulauan.

Adapun jumlah pendaftar Panwascam di 8 Kecamatan sebagai berikut;

Memenuhi Kuota

1. Kecamatan Tidore
    Pendaftar : 23 orang
    Yang sudah memasuki berkas : 17 orang
2. Kecamata Tidore Timur
       Pendaftar : 9 orang
    Yang sudah memasuki berkas : 7 orang
3. Kecamatan Tidore Selatan
    Pendaftar : 16 orang
    Yang sudah memasuki berkas : 13 orang
4. Kecamatan Tidore Utara
       Pendaftar : 15 orang
    Yang sudah memasuki berkas : 14 orang
5. Kecamatan Oba Utara
    Pendaftar : 11 orang
    Yang sudah memasuki berkas : 11 orang
6. Kecamatan Oba
    Pendaftar : 12 orang
    Yang sudah memasuki berkas : 11 orang

Tidak Memenuhi Kuota

1. Kecamatan Oba Tengah
    Pendaftar : 5 orang
    Yang sudah memasuki berkas : 5 orang
2. Kecamatan Oba Selatan
    Pendaftar : 4 orang
    Yang sudah memasuki berkas : 4 orang

Reporter Aidar Salasa.

Share:
Komentar

Berita Terkini